trustnews.id

DIRJEN IKP RAKOR PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN
Mira Tayyiba

DIRJEN IKP RAKOR PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN

NASIONAL Selasa, 03 Agustus 2021 - 20:35 WIB TN

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Ditjenn Informasi dan Komunikasi Publik (DJIKP) mengadakan rapat koordinasi tentang menurunkan kemiskinan kronis melalui pemberian perlindungan sosial,pemberdayaan ekonomi masyarakat, perbaikan layanan dasar dan pengembangan wilayah secara virtual, Senin (21/6/2021).

Plt. Dirjen IKP Kementerian Kominfo Mira Tayyiba didampingi Direktur Infokom Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Drs. Wiryanta, MA. Ph.D,mengatakan, dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa isu prioritas program pemerintah terkait penanggulangan kemiskinan yang kampanye didukung dan dilakukan oleh DJIKP. Antara lain vaksinasi dan pemulihan ekonomi nasional (PEN), dengan snggaran tambahan 2021.

Kemudian, pencegahan anak kerdil (Stunting) dengan menargetkan penurunan hingga 14% pada tahun 2024. Target tiap tahun penyebaran informasi pada 56 juta masyarakat dan 100 wilayah prioritas, bantuan sosial, kampanye terkait program PKH, bansos Covid-19 bekerjasama dengan Kementerian Sosial.

Prioritas lainnya ialah pemberdayaan perempuan dan anak terkait Rencana Aksi Disabilitas yang bekerjasama dengan Kementerian PP dan PA; literasi keuangan kepada anak milenial yang bekerjasama dengan platform keuangan dan regulator, seperti Bank Indonesia dan OJK.

Serta prioritas Bangga Buatan Indonesia (BBI), kampanye untuk mencintai produk lokal Indonesia; Pendidikan Vokasi terutama untuk SMK bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Menurut Mira Tayyiba, dalam konteks komunikasi pemerintah, sesuai Instruksi Presiden No.9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP), DJIKP secara subtantif melakukan pengelolaan data dan informasi program prioritas pemerintah, melakukan monitoring data dan informasi, penyusunan narasi tunggal, diseminasi informasi secara lintas sektor dan lintas daerah dengan prinsip sederhana, efektif, cepat dan berbiaya murah, evaluasi pelaksanaan komunikasi publik dan melakukan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait.

"Dalam lingkup Komunikasi Publik, ada tiga strategi utama dalam mendukung kampanye program nasional yaitu penyusunan strategi komunikasi yang meliputi data, iinormasi, framing, narasi tunggal dan analisa lainya," ujarnya kepada TrustNews.