trustnews.id

Perumda Air Minum Sendang Kamulyan Batang, Jawa Tengah Fokus Peningkatan Pelayanan Prima
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Di tahun 2023, Perumda Air Minum Sendang Kamulyan Batang, Jawa Tengah, mampu meraih capaian positif. Perusahan yang ‘dikomandani’ Yulianto selaku Direktur Utama itu memang kerap hadir dengan prestasi gemilang. Di tahun 2023, perusahaan air minum milik daerah tersebut mampu meraup 140% capaian dari target yang mereka rencanakan.

Tapi ditegaskan Yulianto, capaian prestasi yang membanggakan ini, jangan hanya dilihat dari satu sisi saja, yakni bagian keuangan saja, tapi harus dilihat secara global. Sebab di dalam keberhasilan ini erat kaitannya dengan bagian operasional dan administrasi yang selalu menjadi kriteria penilaian dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.47, terutama soal kinerja baik.

“Kalau kita berbicara masalah peningkatan, maka kita harus selalu bersinggungan dengan pelayanan prima. Karena namanya kinerja berkaitan dengan kualitas, kuantitas dan kontinuitas,” terang Yulianto kepada Trustnews dalam sesi wawancara khusus.  

Pengelola perusahaan PDAM memegang peluang besar, namun tantangan yang akan dihadapinya juga tidak bisa dibilang kecil. Hampir seluruh PDAM dihadapkan pada tantangan terbesarnya, yakni air baku. Selain itu, tantangan lainnya juga erat dihadapkan pada soal investasi, kebijakan tarif, dan yang tidak kalah penting terkait keberadaan faktor cuaca atau alam, seperti halnya El Nino, yang hampir sepanjang tahun lalu mempengaruhi kinerja PDAM di hampir seluruh Indonesia.

Bahkan diprediksi pada Maret 2024, El Nino akan kembali menyelimuti sejumlah wilayah di tanah air.  “Jadi langkah yang terpenting bagaimana kita mengoptimalkan air yang sudah kami siapkan di tahun sebelumnya. Mudah-mudahan kami tidak kekurangan air baku,” harapnya.

Guna mengantisipasi persoalan yang muncul, Yulianto dan jajarannya intensif memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat (peningkatan pelayanan prima). Fokus utamanya masih terkait erat dengan soal kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Intinya, tiga faktor utama dan penting ini tidak luput dari perhatian. Dengan perhatian dan konsentrasi penuh di tiga faktor utama tadi, masyarakat lebih menikmati air Minum Sendang Kamulyan Batang.

“Sumber air kita ini berasal dari sumber mata air pegunungan yang kualitasnya terjaga dengan baik, seperti halnya air kemasan ternama yang dijual di bebas di masyarakat saat ini” tambahnya.