trustnews.id

Mengangkat Citra Teh Indonesia
Dok, Istimewa

Mengangkat Citra Teh Indonesia

NASIONAL Senin, 15 Januari 2024 - 16:19 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID - AISTEA merupakan organisasi yang tergabung dari perusahaanperusahaan pembuat Teh Speciality dari Indonesia yang concern terhadap perbaikan kualitas teh Indonesia. Kelompok perusahaan ini bisa dibilang prihatin atas Citra yang disandang Teh asli Indonesia. Meskipun disebut sebagai salah satu produk teh untuk komoditi pasar, termasuk untuk ekspor. Realitasnya, kebanyakan teh asal Indonesia digunakan sebagai bahan campuran teh asal negara lain atau untuk menambah kuantitas berat di produk teh.

Dalam pandangan banyak orang, pamor teh yang paling kesohor atau terkenal di dunia adalah teh asal Jepang, India dan Cina. Padahal, kalau diselami, kualitas Teh asal Indonesia, juga tidak kalah. Untuk itu, AISTEA berupaya dengan berbagai cara untuk bisa mengangkat citra Teh Indonesia lebih tinggi. bukan hanya sebagai pelengkap atau campuran, tetapi juga sebagai produk yang eksis sendiri, baik di dalam negeri maupun di tingkat internasional.

AISTEA secara aktif mengadakan berbagai event dan perlombaan untuk mempromosikan kualitas teh Indonesia. “Peserta dengan teh berkualitas dinilai dan diundang untuk bergabung dengan organisasi kami sebagai anggota. Kami tidak hanya membantu dalam pendistribusian, tetapi juga memberikan edukasi kepada pelaku bisnis dan artis tentang pentingnya mengkonsumsi teh berkualitas,” jelas Ronald dari AISTEA kepada Trustnews.

Langkah ini, lanjut Ronald sangat penting dan strategis terutama untuk mengubah mindset pandangan masyarakat Indonesia yang rata-rata cenderung menganggap barang-barang luar negeri, termasuk teh lebih bagus dibandingkan produk dalam negeri. Padahal tidak demikian kenyataannya. Produk-produk asal Indonesia, termasuk teh juga punya kualitas yang sangat baik, bahkan melebihi kualitas teh asal negara asing. “Situasi ini sering terjadi karena adanya informasi yang kurang mendalam atau kurangnya edukasi. Selain itu, perusahaan teh besar dari luar negeri cenderung memiliki strategi pemasaran yang sangat masif. Ini adalah sesuatu yang perlu kita pahami bersama,” ujarnya.

AISTEA berharap bahwa penjualan teh speciality Indonesia akan meningkat di masa depan, seiring dengan pemahaman masyarakat yang mengerti, mengapresiasi dan menikmati teh yang berkualitas sebagai sebuah warisan bernilai tinggi.. Melalui upaya bersama dalam meningkatkan citra teh Indonesia, kita dapat membuktikan bahwa kualitas teh dari negeri sendiri tidak hanya sebanding, tetapi bahkan dapat melampaui ekspektasi terhadap teh dari negara-negara lain.

Peningkatan pemahaman ini akan membawa dampak positif bagi industri teh nasional, memberikan dukungan kepada para produsen lokal, dan merangsang pertumbuhan ekonomi di sektor ini. Dengan menghargai kekayaan teh Indonesia, bukan hanya sebagai minuman sehari-hari, tetapi juga sebagai identitas budaya, kita semua dapat bersama-sama memperkuat kebanggaan terhadap produk dalam negeri dan mengangkat prestasi teh Indonesia ke tingkat global. (TN)