trustnews.id

Transformasi Askrindo Semarang Mempercepat Proses Bisnis
Dok, Trustnews/Istimewa

TRUSTNEWS.ID - PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) merupakan perusahaan asuransi/penjamin umum yang fokus penngembangan visinya berupaya untuk memberikan perhatian penuh bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Langkah tersebut terus digaungkan Askrindo melalui kepanjangan tangannya di daerah, termasuk PT Askrindo Cabang Semarang, terutama dalam upaya menggerakkan lebih kuat lagi roda perekonomian di Indonesia, khususnya melalui para pelaku UMKM.

PT Askrindo Semarang terus mengoptimalkan bisnisnya dalam upaya menggeliatkan kembali roda perekonomian bangsa, terutama di wilayah yang terkenal dengan makan khas lumpia tersebut.

Sejumlah langkah telah disiapkan, harapannya mampu memberikan hasil terbaik, terutama dalam meningkatkan eksistensi perusahaan. Beragam upaya gencar dilakukan, di antaranya dengan mengembangkan continuous improvement, sebuah metode untuk mengidentifikasi peluang perbaikan guna merampingkan cara kerja dan 

mengurangi pemborosan. Saat ini praktek tersebut digunakan oleh ribuan perusahaan di seluruh dunia untuk mengidentifikasi peluang penghematan.

Di sisi lain, Askrindo Semarang juga terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) perusahaan melalui transformasi di bidang sumber daya, sehingga mampu menciptakan inovasi atas peluang bisnis ritel yang akan berdampak pada pencapaian kinerja perusahaan.

”Kami juga aktif membuka peluang bisnis baru yang disesuaikan dengan kebutuhan mitra, dan yang tidak kalah penting Askrindo Cabang Semarang juga intens melakukan proses transformasi digitalisasi untuk mempercepat proses bisnis,” ungkap Lucky Alfianto Hartawan Kepala Askrindo Cabang Semarang kepada Trustnews belum lama ini.

Melalui langkah-langkah tersebut Lucky yakin pihaknya mampu mencapai target yang ditetapkan perusahaan, sehingga bisa menunjang perekonomian nasional terutama di wilayah Semarang, Jawa Tengah.

“Optimisme juga semakin meningkat karena mendapat sokongan dukungan para stakeholder, khususnya dukungan yang datang dari pemerintah terkait penjaminan kredit korporasi berdasarkan PMK No. 1 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat. Melalui dukungan ini kami berharap bisa menjadi optimisme besar PT Askrindo di tahun 2023,” tandasnya.

Di sisi lain penerapan transformasi di bidang IT/Digital yang digencarkan PT Askrindo diharapkan akan mempercepat/mempermudah proses pelayanan kepada mitra sehingga dengan dukungan teknologi yang tepat akan mampu meningkatkan aktivitas kerja dan bisnis.

Penerapan Transformasi digital diyakini juga mampu meningkatkan kinerja perusahaan maupun individu dengan mengubah cara bisnis yang dilakukan baik dalam menjalankan bisnis skala menengah hingga besar. Bahkan, pengembangan SDM atau Digital Talent (Digital talent adalah karyawan berbakat yang mampu beradaptasi dengan teknologi digital dan memahami tentang keberadaan industri secara berkelanjutan) bisa menciptakan regenerasi untuk Pemimpin Askrindo di masa sekarang dan yang akan datang sesuai dengan Budaya Perusahan “AKHLAK.”

Begitu juga halnya dengan penerapan transformasi di bidang human resources diharapkan dapat membentuk SDM yang berkualitas sehingga mampu menciptakan inovasi untuk menunjang percepatan proses bisnis. Askrindo Cabang Semarang juga terus mengembangkan inovasi nya dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Upaya tersebut dilakukan melalui peningkatan cross selling produk dan pelayanan dengan memanfaatkan digital marketing. Tidak cukup hanya itu, PT Askrindo Cabang Semarang juga terus mengedepankan penggunaan digital signing yang diyakini akan mempercepat proses pengambilan keputusan yang berdampak pada peningkatan pelayanan.

(tn/san)