trustnews.id

Peran PLN UIW NTB Dalam Menjaga Keandalan Listrik

TRUSTNEWS.ID,. - General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat (NTB), Sudjarwo memastikan kondisi sistem kelistrikan, baik di Lombok maupun Sumbawa sangat andal dan aman, baik di sisi pembangkit, transmisi maupun distribusi. Gambaran menunjukkan perwujudan akan komitmen PLN, terutama dalam mendukung beragam event internasional yang digelar dalam beberapa tahun terakhir di wilayah NTB, seperti World Superbike, MotoGP, MXGP dan Idemitsu Asian Talent Cup.

“PLN juga selalu memastikan kualitas listrik yang andal untuk pelaku industri. Melalui pemeliharaan rutin dan monitoring kualitas listrik guna memastikan para pelaku industri mendapatkan kualitas listrik yang terbaik. Selain itu, dengan adanya aplikasi PLN Mobile pelayanan kelistrikan menjadi lebih mudah dan cepat dalam satu genggaman,” terang Sudjarwo kepada Trustnews.

Untuk itu, dalam menjaga keandalan listrik di tengah geliat ekonomi yang semakin relatif meningkat positif, PLN terus melakukan investasi dalam infrastruktur untuk memenuhi permintaan kelistrikan yang semakin meningkat. Selain itu juga mengedepankan diversifikasi sumber energi untuk mengurangi ketergantungan sumber bahan bakar, kesiapan sumber daya manusia, dan monitoring serta evaluasi kinerja sistem kelistrikan.

Tidak dipungkiri, untuk menjaga kandalam listrik tersebut juga dibutuhkan dukungan inovasi yang kuat. Menurut Sudjarwo, hadirnya aplikasi PLN Mobile, merupakan salah satu bentuk digitalisasi layanan yang akan mempermudah akses pelanggan untuk memperoleh layanan PLN. Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi PLN Mobile: pengaduan gangguan kelistrikan, proses pasang baru dan tambah daya, swacam atau baca meter mandiri, pembayaran tagihan rekening listrik, pembelian token. Selain itu, saat ini PLN Mobile juga dilengkapi dengan pendaftaran layanan internet dari Icon+ dan juga pelayanan instalasi listrik pelanggan melalui fitur Listriqu.

“Ke depan, aplikasi ini akan terus dikembangkan seiring dengan kebutuhan masyarakat, misalnya informasi update terkait titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di era ekosistem kendaraan listrik yang sedang menjadi tren di NTB,” tambahnya.