trustnews.id

Melalui Transformasi AKHLAK, Human Capital Pertamina Dorong Capaian Positif Perusahaan
Dok, Istimewa

 

Selama tiga tahun perjalanan transformasi bisnis yang ditandai dengan restrukturisasi kapabilitas organisasi melalui Holding dan Subholding, Pertamina terus memperkuat peran strategisnya dengan mengimplementasisikan Tata Nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adatif, Kolaboratif) sebagai core values dan identitas BUMN.

Untuk meningkatkan komitmen atas budaya tersebut, Pertamina menggelar acara "Pertamina AKHLAK Festival 2023", sekaligus memperingati perjalanan 3 tahun transformasi organisasi yang berlangsung sejak 2020.

Direktur SDM PT Pertamina (Persero), M. Erry Sugiharto mengatakan Program Kementerian BUMN mengenai nilai utama AKHLAK telah diimplementasikan Pertamina dari tingkat manajemen hingga Perwira. Hal ini telah membuktikan keberhasilan perusahaan meraih capaian yang luar biasa sepanjang tahun 2022 dan berlanjut di tahun 2023.  

“Kita sudah buktikan dengan AKHLAK ini, tahun 2022 kita achievement-nya luar biasa dan pertama kali di Pertamina,” ujar Erry. 

Menurut Erry, AKHLAK merupakan moral etika yang menjadi panduan seluruh BUMN dan dirancang untuk proses transformasi human capital guna meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global serta memposisikan BUMN sebagai pabrik talenta.

“Kami terus bertransformasi secara digital untuk menciptakan sumber daya unggul dan berdaya saing serta diharapkan mampu mengantisipasi kebutuhan bisnis Pertamina di masa depan,” imbuh Erry.

Sebagai wujud penghargaan kepada Perwira Inovatif dan Berprestasi, Pertamina memberikan apresiasi kepada 49 Perwira melalui Perwira Awards yang dilaksanakan pada AKHLAK Fest di Jakarta pekan lalu. 

Terdapat 7 kategori dalam Perwira Awards ini yakni Perwira Safety Initiative, Perwira Promotor “AKHLAK”, Perwira Pejuang Unit (Pria), Perwira Pejuang Unit (Wanita), Perwira Garda Terdepan (Pria), Perwira Garda Terdepan (Wanita), Perwira Good Influencer. ***

Erry menambahkan akan terus mendorong semangat ONE Pertamina agar seluruh entitas bisnis grup dapat meningkatkan kinerjanya secara menyeluruh, mampu meningkatkan engagement pekerja, sehingga tercipta high performance culture yang ditandai dengan peningkatan maturity level organization culture.

“Tentunya kita semua berharap kolaborasi dan sinergi aktif dari seluruh Perwira dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi melalui berbagai program yang selaras mengingat SDM merupakan aset penting sebagai katalisator dalam mencapai visi dan aspirasi Perusahaan menuju global energy company,” pungkas Erry.