trustnews.id

Pemkab Banjar Gelar Ekspose Pemulihan Dampak Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19
Foto: istimewa

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan Ekspose Pemulihan Dampak Ekonomi akibat pandemi Covid-19 bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Selatan secara virtual.

Kegiatan ekspose tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, H.M. Hilman, yang mewakili Bupati Banjar didampingi Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Mahligai Sultan Adam Martapura, Rabu (16/9/2020).

Dari kegiatan tersebut BPK Kalsel yang diwakili Fajrin menanyakan Langkah-langkah yang diambil Pemkab Banjar terkait pemulihan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, Sekda Banjar H.M. Hilman mengatakan, ada empat hal yang dilakukan oleh Pemkab Banjar dalam upaya pemulihan dampak ekonomi akibat Covid-19, di antaranya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan serta evaluasi.

Dia mengatakan, realisasi penyerapan anggaran dalam penanganan kesehatan terbanyak untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. Sementara masyarakat yang paling terdampak dari segi ekonomi adalah masyarakat perkotaan, karena perkotaan merupakan lokasi di mana masyarakatnya cukup dinamis dalam menjalankan aktivitas.

Lebih jauh, Sekda Banjar menjelaskan, Pemkab Banjar juga memfokuskan anggaran di bidang kesehatan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 untuk masyarakat.

“Selain di bidang kesehatan serapan anggaran dana, kita juga menyediakan jaring pengaman sosial berupa bantuan sembako dan bantuan sosial lainnya, yang dibagikan kepada masyarakat terdampak,” jelas dia. (MC Kab.Banjar/Agusoke/Mey)