trustnews.id

Bupati resmikan Pasar Sentra Barokah Tahap Dua
Foto: istimewa

Bupati resmikan Pasar Sentra Barokah Tahap Dua

DAERAH Selasa, 03 Maret 2020 - 23:13 WIB TN

Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar, H Khalilurrahman telah meresmikan tahap kedua Pasar Sentra Kuliner Barokah, di Kawasan Pasar Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis (27/2/2020) pagi.

Pasar Sentra Kuliner Barokah merupakan pasar yang dibangun sebagai bentuk nyata perhatian Pemerintah Kabupaten Banjar terhadap para pedagang kuliner yang ditempati secara gratis untuk meningkatkan harkat martabat pedagang kaki lima, yang dibangun menggunakan APBD Kabupaten Banjar.

Sebanyak 46 tempat terisi penuh di tahap kedua oleh pedagang di Pasar Sentra Kuliner Barokah dengan total 64 tempat pada pembangunan yang berada dibelakang pusat pertokaan Cahaya Bumi Selamat, nama pasar kuliner tersebut diberikan langsung oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman.

Bupati Banjar H Khalilurrahman berharap, dengan dibangunnya Pasar Sentra Kuliner Barokah ini bisa memberi manfaat bagi para pedagang dalam membangun ekonomi.

“Dengan memberikan fasilitas yang layak bagi pedagang pasar kuliner diharapkan para pedagang bisa berdagang pada tempat yang layak, tertib, aman dan nyaman,” katanya.

Guru khalil sapaan akrab Bupati Banjar H Khalilurrahman tersebut juga mengingatkan agar para pedagang menampilkan daftar harga yang dijual para pedagang di pasar kuliner Barokah tersebut.

Kota Martapura yang terkenal dengan semboyan Kota Serambi Mekkah, Bupati Banjar akan Menerapkan konsep Syariah untuk para pedagang di Pasar Sentra Kuliner Barokah.

“Pasar Sentra Kuliner Barokah nantinya kita akan jadikan objek wisata kuliner di Kabupaten Banjar, karena lokasi yang stategis dengan pertokoaan Cahaya Bumi Selamat, dengan itu kita mempunyai konsep sebagai pasar kuliner syariah dengan cara akad jual beli dan tata cara berpakaian yang sopan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati mengatakan, dengan dibangunnya Pasar Sentra Kuliner Barokah ini pengunjung dan wisatan dapat menikmati makanan khas banjar yang beraneka ragam.

“Semoga Pasar Kuliner Sentra Barokah bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pedagang agar bersama-sama menjaga keamanan, keramahan dan kebersihan di lingkungan pasar supaya pedagang dan pembeli sama-sama merasa nyaman,” ujarnya.

Direktur Pasar Bauntung Batuah menambahkan, komitmen kami dengan para pedagang akan terus menjaga kawasan wisata kuliner ini menjadi satu ikon unggulan yang akan menjadi percontohan di tempat-tempat lain.

“Kawasan ini bukan hanya nanti sebagai Kawasan tematik tetapi juga akan menjadi kawasan wisata yang dapat dikunjungi oleh lebih banyak masyarakat diluar Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Pada rangkaian acara tersebut Bupati Banjar H Khalilurrahman juga menandatangani prasasti peresmian Pasar Sentra Kuliner Barokah dan menyerahkan Surat Ijin Pemakaian Tempat Usaha (SIPTU) kepada perwakilan pedagang.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Banjar M. Rofiqi, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Perwakilan Kejaksaan Kabupaten Banjar, Ketua PKK Kabupaten Banjar Hj. Raudathul Wardiyah dan para Kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar. (MC Kominfo Banjar/Ags/Rzq/Dsy)