trustnews.id

BI Banten Mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Berlokasi di Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan, Rabu 5 Juni 2024. BI Banten dan stake holder di Banten menggelar event Karya Kreatif Banten dan Digiwara Fun Fest 2024.

Turut hadir dalam acara tersebut Ameriza Ma’aruf Moesa selaku Kepala Wilyah BI Banten,selain itu hadir juga Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan dan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Acara tersebut dinilai sebagai langkah maju dalam mendorong inovasi UMKM di Provinsi Banten dan  menggaungkan produk UMKM kepada Publik.

"Jadi ini bagus sekali ya, pemerintah memberikan ruang kepada pelaku UMKM untuk bisa memperkenalkan produk-produknya dan tentunya ekonomi juga berjalan," ucap Pilar.

Ameriza Ma'aruf Moesa selaku Kepala BI Banten, mengungkapkan bahwa Bank Indonesia Banten memiliki ratusan UMKM binaan.

Dari jumlah tersebut, 85 UMKM hadir dalam event Karya Kreatif Banten dan Digiwara Fun Fest 2024.

"Jadi 85 UMKM ini hasil dari akurasi yang kami lakukan dengan bekerjasama dengan lembaga independent. Tak hanya faktor akurasi, faktor ruas venue dalam ruangan gedung pun menjadi faktor pelaku UMKM ini hadir dalam kegiatan ini,” ujar Ameriza.

Acara KKB dan Digiwara Fun Fest tahun ini dilaksanakan selama 15 hari dan  diharapkan terjadi transaksi yang cukup besar berikisar di angka 15 Milyar.

Event tersebut menghadirkan sekitar 85 tenant UMKM dari beragam macam produk, mulai dari Kuliner, kerajinan tangan, hingga kopi yang menjadi unggulan saat ini.

"Target transaksi Rp 15 miliar selama lima hari, dan harapannya bisa tercapai baik itu dari sisi UMKM maupun kesepakatan matching bisnis matching dalam kegiatan KKB dan Digiwara Fun Fest 2024,” katanya.

kegiatan KKB dan Digiwara Fun Fest 2024 ini merupakan upaya BI Banten dalam mendukung gerakan bangga buatan Indonesia sehingga mampu meningkatkan perekonomian Provinsi Banten khususnya di sektor ekonomi kreatif UMKM sehingga mendukung pariwisata.

“Tentunya di sisi lain, kita (BI Banten) ingin mendorong pelaku UMKM ini bisa naik kelas baik naik kelas dari sisi pasar menjadi go ekspor maupun UMKM yang naik kelas menjadi go digital,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Karya Kreatif Banten (KKB) sebagai salah satu upaya inovasi terhadap potensi-potensi yang ada di Provinsi Banten. Bagian dari Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Karya Kreatif Banten dan Digiwara Fun Fest 2024 digelar oleh Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang mengusung tema ‘Inovasi, Digitalisasi dan Kolaborasi Menuju Banten Maju, Mandiri dan Sejahtera’.

“Kita terus berinovasi terhadap potensi yang ada di Provinsi Banten. Kita juga melakukan langkah-langkah dalam menjaga stabilitas daerah, diantaranya pengendalian inflasi daerah dan inflasi Provinsi Banten saat ini terjaga dengan baik,” ungkap Al Muktabar pada Pembukaan Karya Kreatif Banten (KKB) dan Digiwara Fun Fest 2024. Di Bintaro Xchange Mall, Kota Tangerang Selatan, Rabu (5/6/2024).

Selain kegiatan mamerkan produk UMKM acara juga diselingi dengan seni budaya banten yang cukup menghibur. Dalam penampilanya Mereka membawa semangat dan keindahan seni tradisional Banten melalui lagu daerah.