trustnews.id

PLN Indonesia Power Perangi Sampah Plastik Untuk Dukung Pencapaian Zero Emission
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Selain terus mengakselerasi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Tanah Air untuk mewujudkan _Net Zero Emission_ pada tahun 2060, PLN Indonesia Power (IP) juga lakukan upaya inisiatif dalam memerangi pencemaran sampah plastik. Hal ini dilakukan untuk menjaga ekosistem lingkungan di sejumlah wilayah Indonesia.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar mengatakan, untuk mengatasi persoalan sampah plastik tidak dapat dilakukan secara biasa-biasa saja, perlu perubahan perilaku untuk dapat mengelola sampah dengan tuntas.

L

"Pencapaian target pengelolaan sampah menuju Indonesia Bersih 2025, aksi bersih negeri ini merupakan momentum yang baik meningkatkan kolaborasi dan kerjasama untuk mewujudkan _zero waste zero emission_," kata Siti Nurbaya.

L

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan Pemerintah sedang berupaya maksimal menuntaskan persoalan sampah terutama sampah plastik yang saat ini menjadi pembahasan global.

Sebagai perusahaan pembangkit listrik terbesar di Asia Tenggara, PLN Indonesia Power tak tinggal diam dalam pengentasan isu lingkungan, khususnya dalam menangani sampah plastik, dengan berkontribusi dalam Aksi Bersih Negeri yang digagas oleh Kementerian LHK.

"PLN IP turut andil dalam Aksi Bersih Negeri yang digagas oleh Kementerian LHK, serentak dilakukan di seluruh Indonesia," tutur Edwin.

Edwin mengungkapkan pada Aksi Bersih ini PLN IP menerjunkan insan PLN IP dari UBP Keramasan, UBP Jambi, UBP Cilegon, UBP Bali, ⁠UBP Tello, UBP ⁠Banten 1 Suralaya, ⁠UBP Lontar, ⁠UBP Barru, UBP Suralaya, UBP Labuan dan UBP Adipala.

Menurut Edwin, dilibatkannya unit pada berbagai wilayah Indonesia sebagai wujud keseriusan PLN IP dalam penanganan dan pengelolaan sampah yang menjadi salah satu aspek _Environmental, Social and Governance (ESG)_.

"PLN Indonesia Power sangat serius menangani permasalahan sampai ini, selain itu juga menjadi bentuk bentuk implementasi PLN IP pada aspek ESG pilar Environment yaitu menjaga kualitas lingkungan hidup," tutup Edwin.