trustnews.id

Peduli Anak Yatim/Dhuafa dan Masyarakat Kurang Mampu, YBM PLN Salurkan Bantuan Dalam Program Benderang Berkah Ramadhan 1445H
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) menyalurkan santunan anak yatim/dhuafa dan sembako bagi masyarakat kurang mampu dalam program yang bertemakan Benderang Berkah Ramadhan 1445H yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Desa Teru, Kecamatan Simpang Katis, Bangka Tengah.

Program ini merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh seluruh YBM di seluruh unit PLN di Indonesia. Kamis tanggal 21 Maret 2024 merupakan acara puncak YBM PLN yang deselenggarakan serentak diseluruh unit PLN dan dihadiri oleh Direktur Utama (Dirut) PLN langsung melalui daring.

YBM PLN Babel merupakan unit yang disapa langsung oleh Dirut PLN, Darmawan Prasojo selaku Ketua dewan pembina YBM PLN yang menghadiri acara puncak YBM Benderang Berkah Ramadhan 1445H bersama para direksi PLN dan 500 anak yatim dhuafa di Kantor PLN Pusat Jalan Trunojoyo, Blok M Jakarta.

Dalam Laporannya kepada Dirut, General Manager PLN Babel yang juga sebagai Dewan Pembina YBM PLN Babel, Mohammad Munief Budiman menyampaiakan bahwa acara yang diadakan YBM PLN Babel tidak hanya dipusatkan di Pondok Pesantren Hidayatullah Bangka namun acara yang sama digelar di Pondok Pesantren Darul Arofah di Pulau Belitung yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan para santri, pengajar ponpes, perangkat desa dan masyarakat sekitar ponpes.

“Melalui program ini, YBM PLN Babel telah menyalurkan Sembako Pra-Ramdhan kepada masyarakat kurang mampu sebesar 430 paket sembako, sembako Ramadhan 1300 paket sembako, 250 santunan anak yatim dhuafa, 25 orang santunan marbot masjid, 10 orang santunan pedagang kecil sebagai modal usahanya serta bantuan ketahanan pangan untuk 3 pondok pesantren dengan total penerima manfaat sebanyak 2.015 orang”, sebut Munief.

Ia juga menambahkan “program YBM PLN Babel ini menjadi serangkaian kegiatan sosial yang dijalankan oleh YBM PLN untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan memberikan sedikit kelegaan dan meringankan beban bagi mereka yang menerimanya”, tambah Munief.

Ketua YBM PLN Babel, Adhy Setiawan, saat diwawancarai menambahkan bahwa program ramadhan seperti ini merupakan program rutin YBM PLN yang tiap tahun dilaksanakan.

“Di masa yang akan datang, YBM PLN akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan memberdayakan masyarakat dari setiap program yang kami jalankan. Kami akan terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi dalam pengelolaan zakat sesuai dengan _tagline_ PLN yakni dari seorang penerima zakat menjadi seorang yang mampu berzakat nantinya”, sebut Adhy.

Program YBM PLN Benderang Berkah Ramadhan mendapat apresiasi yang tinggi dari pimpinan pondok pesantren Hidayatullah, Ustadz Irwan Sambasong.

“Kita ucapkan Alhamdulillah rasa syukur kita kepada Allah, hari ini YBM PLN Babel hadir disini mengantarkan santunan dari para muzakki tidak hanya kepada para santri namun untuk ketahanan pangan pondok, masyarakat sekitar pondok serta bantuan- bantuan lainnya, ini akan sangat membantu kami dalam menjaga kebutuhan pangan sehari-hari dan juga kegiatan belajar mengajar di ponpes khususnya dan masyarakat pada umumnya. Semoga Allah memberikan keberkahan kepada PLN dan menjaga semua pegawai PLN dalam menjalankan tugasnya”, ungkap Irwan.