trustnews.id

BRI Bali-Nusra Dorong UMKM Naik Kelas Dengan Digitalisasi
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - BRI Regional Office Denpasar senantiasa mengoptimalkan digitalisasi untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas. Salah satunya melalui New Pasar.id yang merupakan pengembangan dari Pasar.id Bank BRI sebelumnya.

Dalam upaya menjaga keberlangsungan layanan dan operasionalnya, BRI Regional Office Denpasar (membawahi Bali-Nusra) memiliki 520 unit kerja (32 Kantor Cabang, 26 Kantor Cabang Pembantu, 19 Kantor Kas, 296 BRI Unit dan 147 Teras BRI) yang siap melayani seluruh kebutuhan layanan perbankan di wilayah Bali-Nusra. Khusus Provinsi Bali terdapat 13 Kantor Cabang.

"Selain itu kami juga memiliki layanan E-channel sebanyak 456 CRM (Cash Recycled Machine) dan 733 ATM (Automatic Teller Machine) dimana kami menjaga realibilitasnya sehingga selalu sedia dalam melayani nasabah," ujar Recky Plangiten, Regional CEO BRI Denpasar wilayah Bali - Nusa Tenggara, kepada TrustNews.

"Agen BRILink kami berjumlah 33.000 yang tersebar di seluruh wilayah Regional Office Bali Nusra juga siap membantu kebutuhan layanan masyarakat sampai ditempat yang paling terpencil sekalipun," tambahnya.

Selain itu, mengedukasi masyarakat dan nasabah BRI khususnya untuk menggunakan Aplikasi Mobile Banking BRImo sebagai All in One Financial Solutions dimana untuk posisi Juni 2023 pengguna BRImo di Regional Office Denpasar tercatat diangka 1,2 juta pengguna.

Dijelaskannya, BRI melaluI Rumah BUMN memberikan pelatihan kepada UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dimana BRI memiliki peran sebagai agent of development. Dengan bergabung Bersama rumah BUMN, UMKM memperoleh beberapa kemudahan yakni akses permodalan, pembinaan & pelatihan dan modul pengembangan usaha. 

"Sampai dengan bulan Juni 2023 telah dilakukan pelatihan sebanyak 23 di 7 Rumah BUMN Kepada 638 nasabah UMKM," ucapnya.

BRI, dijelaskannya, juga senantiasa mengoptimalkan digitalisasi untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas. Salah satunya melalui New Pasar.id yang merupakan pengembangan dari Pasar.id Bank BRI sebelumnya.

"New Pasar.id bertujuan untuk mendigitalisasi perdagangan pasar tradisional, yakni dengan memfasilitasi seluruh pedagang pasar di Indonesia untuk melakukan aktivitas jual beli secara daring," ungkapnya.

Menurutnya, penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung di lokasi pasar tradisional tempat pedagang berjualan, melainkan dapat dijangkau secara virtual oleh pembeli melalui aplikasi New pasar.id dan menunjuk pasar tujuan yang akan di jangkau. 

"Adapun sampai dengan bulan Juni 2023 sudah terdapat 9 Pasar yang terdaftar di New Pasar.id dengan jumlah pedagang sebanyak 108 Pedagang," tuturnya.

Dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi, menurutnya, BRI menyalurkan kredit KUR untuk memberikan modal sebagai upaya stimulus untuk perekonomian daerah dengan angka penyaluran KUR Total sebesar Rp4,2 triliun (untuk KUR Kecil sebesar Rp824 miliar dan untuk KUR Mikro sebesar Rp3,4 triliun) sampai dengan posisi Juni 2023.

"BRI Denpasar senantiasa melakukan sinergi dengan stake holder semisalnya BI dan OJK dalam hal melakukan edukasi kepada UMKM melalui webinar, BRI memalui BRIincubator melalukan pelatihan secara online dan Rumah BUMN kepada UMKM yang membutuhkan edukasi atau pelatihan agar dapat nasabah tersebut naik kelas," tuturnya.

Ini mengingat, portofolio kredit BRI Bali-Nusra didominasi oleh sektor UMKM khususnya yang bersinggungan langsung dengan pariwisata. Dimana saat ini sektor UMKM sudah mulai tumbuh seiring dengan peningkatan pertumbuhan pariwisata di Bali dan Nusra dengan porsi kredit UMKM sebesar 70 persen. Namun hal ini harus tetap diiringi dengan menjaga kualitas kredit yang disalurkan.

Dalam upaya menunjang kinerjanya, Recky mengatakan, BRI senantiasa melakukan seleksi penerimaan pegawai dengan system yang terstruktur untuk menjaring SDM yang unggul di tingkat wilayah. Selain itu, BRI juga mendukung pengembangan karir pekerja di tingkat wilayah melalui program BBOP (Brilian Banking Officer Program), dan juga melalui mekanisme Job Opening untuk pekerja yang sudah eksisting agar dapat 

"Salah satu indikator keberhasilan tercermin dari laba BRI masih tetap tumbuh dibandingkan tahun sebelumnya, BRI Bali Nusra mampu memberikan kontribusi laba, dimana sampai dengan posisi Juni 2023 laba BRI Bali Nusra sebesarRp 2,1 triliun," pungkasnya.