trustnews.id

Total Bekerja  untuk Rakyat, Henry Indraguna Diganjar Tokoh Muda Inspiratif- Visioner
Henry Indraguna politisi Golkar,

SOLO-  Haus untuk menimba ilmu dan menyuarakan aspirasi rakyat merupakan dua karakter yang tak bisa dipisahkan dari seorang Henry Indraguna hingga berderet titel dan gelar kesarjanaannya.


Dua karakter ini pula, yang menjadikan Adv, Dr (c), KP Henry Indraguna, S.H., M.H,C.L.A., C.I.L., C.Med., C.R.A., C.T.A., C.T.L., C.M.L.C. makin mantap selain berkarir sebagai advokat senior juga terjun di politik praktis, yang kini merapat di partai senior dan partai besar, paling berpengaruh dalam perjalanan bangsa dan negara, yang tak lain adalah Partai Golkar tersebut.

Bagi Henry pendidikan adalah hal yang paling penting dan mendasar untuk menatap masa depan yang lebih baik dan cerah dalam karir serta kesejahteraan. Karena itu, advokat yang sudah banyak menyelesaikan kasus penting ini merasa perlu untuk tetap bisa menyelesaikan pendidikan doktoral di dua kampus berbeda di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yakni di Universitas Negeri Surakarta (UNS) dan Universitas Borobudur, Jakarta.

"Pendidikan itu penting untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas keilmuwan yang kita miliki. Meskipun saya sibuk jadi advokat dan politisi, saya tetap serius untuk menyelesaikan gelar di Program Studi Doktor Ilmu Hukum di dua universitas ternama. Nilai IPK di dua program pasca sarjana yang saya tempuh, alhamdulillah tidak mengecewakan. Puji Tuhan di UNS, indek prestasi mencapai 3.95, sedangkan di Universitas Borobudur IPK 4.0," ujar Henry yang baru saja berhasil membawa Firma Hukum Henry Indraguna dan rekan di posisi ke-19 pada Survei Indonesian Law Firm 2021.

Politisi Beringin ini menegaskan pendidikan bukan halangan baginya untuk berkiprah secara aktif dalam bidang perpolitikan Indonesia. Justru menurutnya, ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah makin memperkaya dan memberikan perbendaharaan bagi perkembangan dan kemajuan politik nasional. Hal ini dia buktikan dengan posisi yang saat ini diamanahkan kepadanya oleh Partai Golkar.

Kepercayaan kepada Henry dari partai yakni sebagai Anggota Dewan Pakar Partai Golkar, Tenaga Ahli Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI dan Anggota Sekretariat Fraksi Partai Golkar. Sebuah pencapaian yang tidak mudah bagi politisi yang terhitung new commer dalam kancah partai yang bercorak dominan warna kuning ini.

Di ormas pendiri Golkar pun, advokat kondang ini juga didaulat memimpin Kino Golkar yang dipimpin Dave Akbarsyah Laksono dengan posisi sebagai Ketua PPK Kosgoro 1957.

"Masih banyak persoalan yang harus diselesaikan di masyarakat, makanya dengan posisi sekarang ini, saya harus seringkali turun ke lapangan untuk mendengar aspirasi, menyerap, mengagregasi, memperjuangkan bahkan mencari solusi terbaik bagi rakyat. Selanjutnya apa yang menjadi persoalan di masyarakat akan dibahas di dalam internal fraksi, kemudian dibahas di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI," urainya.

Henry juga menyebut bahwa saat ini, dia diberikan kepercayaan dan amanah oleh Partai Golkar untuk menjadi salah satu kader yang bertanggung jawab untuk memenangkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Presiden 2024.

"Karena itu, saya mengintensifkan komunikasi dengan struktur partai di daerah pemilihan (Dapil) Jateng V yakni Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, dan Klaten untuk mensosialisasikan kinerja dan capaian dari Pak Airlangga sebagai anggota kabinet senior di dua pemerintahan Pak Jokowi, yakni sebagai Menteri Bidang Perekonomian dan juga sebagai Ketua KPCPEN yang saat ini Indonesia masih menghadapi Pandemi Covid-19. Sehingga, masyarakat bisa mengenal dan selanjutnya bisa memberikan kepercayaan kepada Partai Golkar dan Pak Airlangga bahwa partai dengan kader terbaiknya ini mampu mengatasi persoalan berat bangsa, bagaimana negara bisa menyelamatkan rakyat dari bahaya virus mematikan ini, menyehatkan dan memulihkan ekonomi masyarakat. Dengan begitu rakyat akan yakin bahwa suksesor Presiden Jokowi adalah Airlangga Hartarto dan kita harus sekuat tenaga untuk memenangkan beliau sebagai Presiden 2024," urainya.

Henry yang dikenal sebagai family man dan egaliiter dengan siapa pun yang dia jumpai ini mengaku sangat serius dalam upaya konsolidasi persiapan pemilihan legislatif (Pileg) 2024 untuk kemenangan Golkar dan Presiden juga dari Partai Golkar.

"Saya sering ke lapangan untuk menjalin dialog dan komunikasi dengan rakyat di Dapil Jateng V yang memang menjadi basis pendukung saya dan sudah cukup berhasil saya konsolidasikan di pemilu 2019 lalu agar konstituen kami ini juga mengetahui apa-apa saja yang sudah, sedang, dan akan dikerjakan pemerintah terutama di sektor yang dilakukan Pak Airlangga di bidang ekonomi dalam menghadapi pandemi dan mempersiapkan skenario ke arah endemi," tutur Henry.

Ia mengungkapkan dengan terjun langsung ke masyarakat atau turba alias turun ke bawah (akar rumput), maka dia bisa membawa aspirasi masyarakat yang valid dan dapat dipercaya. Dengan begitu, ia akan bisa membantu penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi masyarakat secara bertahap, tuntas, bahkan sustain.

"Jujur saya suka berdialog dengan masyarakat di akar rumput karena dengan komunikasi itu saya mengetahui betul persoalan yang ada. Setiap saya datang ke daerah, saya selalu meluangkan waktu untuk bertemu mereka. Di sinilah terjadi hubungan yang intens antara masyarakat dengan saya secara kultural, emosional dan pilihan politiknya," tandas Henry Indraguna yang pada Pileg 2019 cukup signifikan meraih diatas 50 ribu suara sah.

Dari kerja keras dan serius menggarap dan merawat konstituen di dapilnya dan sepak terjangnya di dunia hukum mengadvokasi masyarakat yang menginginkan perlindungan hukum dari sebuah persoalan hukum demi keadilan dan kebenaran, bukan saja kelompok yang memiliki kapital besar untuk menggunakan jasa penasehat hukum, tapi juga kelompok masyarakat kecil atau kelompok marjinal, Henry Indraguna ternyata juga diganjar dan diapresiasi oleh media cetak Radar Solo .

Kelompok Media Jawa Pos ini memberikan award kepada Henry sebagai Tokoh Muda Inspiratif dan Visioner pekan ini di Surakarta.***