trustnews.id

PDAM Tirta Musi Palembang TOTALITAS DALAM PELAYAN KUNCI LOYALITAS PELANGGAN
Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya

Tirta Musi Palembang menjaga kualitas air yang didistribusikan, sehingga loyalitas masyarakat kota Palembang terhadap TM cukup tinggi.

Menjaga loyalitas menjadi kunci bagi PDAM Tirta Musi (TM) Palem- bang dalam memberi- kan pelayanan kepada para pelanggannya. Yakni, menjaga kualitas air yang didistribusikan.

Hal itu ditunjukkan dengan efektivitas pembayaran rekening air yang tinggi yaitu mencapai 97%. Selain itu pengggunaan air pelanggan TM relatif tinggi dibandingkan dengan daerah lain yaitu mencapai 30 m3 per SL per bulan, dimana rata-rata nasional baru mencapai 26 m3 per SL per bulan.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya, mengatakan, sesuai dengan Perda Pendirian TM No. 1 Tahun 1976, salah satu tujuan perusahaan adalah untuk mengusahakan penyediaan air minum yang sehat dan memenuhi syarat-syarat kesehatan bagi masyarakat dengan mengutamakan pelayanan dan kebutuhan masyarakat daerah.

"TM tetap dapat menjaga kualitas air yang didistribusikan, sehingga loyalitas masyarakat kota Palembang terhadap TM cukup tinggi," ujar Andi menjawab TrustNews.

"Kualitas air merupakan komponen penting di dalam pelayan TM ke masyarakat kota Palembang. Kualitas air mengikuti standar pemerintah sesuai dengan Permenkes Nomor 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Secara internal TM membentuk seksi quality control (QC) untuk melakukan kontrol kualitas baik di instalasi maupun di tingkat pelanggan," paparnya.

Andi melanjutkan, Berdasarkan hasil
audit dari Badan Pengawasan Keuangan
dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan
Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020,
prosentase penduduk yang menikmati
layanan air TM adalah 76,20 %, berdasar-
kan standar BPS bahwa satu SL dihuni oleh
4,36 jiwa.

Bahkan, sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri yaitu Kemendagri Nomor 47 Tahun 1999 tentang Evaluasi Kinerja PDAM dan Kementerian PUPR dengan hasil penilaian adalah Baik dan Sehat. Serta hasil audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) adalah Wajar Tanpa Pengecualian sejak tahun 2017.

"Sampai dengan bulan Juli 2021, jumlah pelanggan TM adalah 306.752 Sambungan Langganan (SL). Air yang didistribusikan dari TM sangat diharapkan oleh masyarakat kota Palembang karena sumber air lain (air sumur/tanah, sungai) tidak memungkinkan untuk digunakan untuk keperluan sehari-hari," urainya.

Dalam upaya menjaga stok cadangan air, Andi menjelaskan, TM selalu berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera 8 dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai pihak yang berwenang untuk menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas Sungai Musi untuk melakukan konservasi Sungai Musi sebagai sumber air baku TM yang utama.

“TM juga secara disiplin membayar iuran air permukaan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai bentuk sumbangsih untuk pelestarian sumber air baku. TM sejak tahun 2018 Ikut dalam program monitoring air baku dari Kementerian Lingkungan Hidup. Ada dua unit monitor secara on line ditempatkan di TM," jelasnya.

Tak hanya itu, TM juga melakukan optimalisasi baik dari sisi teknik maupun dari sisi sumber daya manusia. Dari segi teknis, optimalisasi dapat meningkatkan produksi air sebesar 500 liter/detik selama tiga tahun ini.

"Dari sisi sumber daya manusia, optimalisasi bisa menekan rasio 1000 pelanggan terhadap pegawai," ujarnya.

Sebagai agen pembangunan, menurutnya, TM selalu merealisasikan dana CSR dan membuka jaringan distribusi air untuk wilayah-wilayah pengembangan baru. Selain itu TM juga telah melakukan pemasangan 20.900 SL untuk masyarakat berpenghasilan rendah baik melalui program dana Hibah Pemerintah Australia maupun dana APBN.

"Secara korporasi TM melakukan subsidi silang terhadap tarif dan tarif progresif yang diberlakukan sehingga masyarakat yang tidak mampu terlindungi tetapi dari sisi lain keuntungan perusahaan dapat terealisasi," urainya.

"Melalui visi perusahaan “Menjadi perusahaan smart happy yang unggul dalam penyediaan air minum dan pengelolaan air limbah di Indonesia pada tahun 2028” maka semua komponen perusahaan sangat mendukung agenda korporasi. Selain itu tujuan perusahaan selalu disosialisasikan kepada semua insan TM" pungkasnya. (TN)