trustnews.id

Pemkab Banjar Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak
Foto: istimewa
BanjarKab

Pemkab Banjar Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak

DAERAH Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:43 WIB TN

Martapura, InfoPublik – Matangkan gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Banjar laksanakan Rapat persiapan Pilkada di Mahligai Sultan Adam Martapura.

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM Hilman, pada Selasa (6/10/2020) tersebut diikuti Dandim 1006/Martapura, Wakapolres Banjar, Wakapolres Banjarbaru, Satpol PP, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan Perwakilan dari Dinas Kesehatan.

Sekda Banjar HM Hilman mengatakan seiring dengan situasi dan kondisi yang sangat dinamik pada saat pelaksanaan pilkada serentak dengan tahapan-tahapan dimana kita harus melaksanakan kegiatan ini disaat pandemi covid-19 masih berlangsung.

"Aturan ketentuan itu sangat dinamis dan juga kita perlu mengharmonisasikan antara penyelenggara pilkada dalam hal ini KPU, Bawaslu dengan pendukung lainnya terkait dengan pengamanan ada dari Polres dan juga dari Kodim 1006 Martapura, serta dari Pemerintah Daerah,"ungkap dia.

Lebih jauh Hilman berharap pilkada serentak tahun 2020 ini bisa terselenggara dengan baik dan sukses, sehingga kita bisa mendapatkan pimpinan daerah Kabupaten Banjar yang terbaik dan juga aman pada saat kondisi pandemi Covid -19 masih belum berakhir.

Sementara itu, Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menyampaikan saat ini diketahui bahwa pilkada di wilayah kita sedang berjalan, tetapi disisi lain keselamatan masyarakat dihadapkan dengan pandemi Covid-19 ini belum berakhir.

"Sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing dalam rangka tujuannya sama yaitu untuk keselamatan masyarakat,"ucapnya.

Ia juga mengajak untuk saling bahu membahu, bantu membantu dan kita buat koridor yang bagus sehingga pilkada tetap berjalan dengan mengedepankan keselamatan masyarakat yang paling utama.

Selain itu Ketua KPU Kabupaten Banjar Muhaimin, menjelaskan pandangan-pandangan yang sudah disampaikan adalah sebagai bentuk apresiasi dan perhatian dari jajaran Pemerintah Daerah dan Stakeholder terkait dalam rangka menyukseskan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Kita tidak hanya ingin sukses dari sisi penyelenggaraan tapi juga ingin sukses agar masyarakat Kabupaten Banjar tidak hanya bisa menuju tahapan pilkada tetapi juga terjaga kesehatannya," kata dia.

Ia menambahkan Sampai pada tahapan saat ini kita sedang melaksanakan kampanye dan melalui tracing dari Stakeholder terkait bahwa kita tidak ingin kampanye ini berujung pada tidak terjaganya keselamatan masyarakat kabupaten Banjar," imbuh Muhaimin.

Dalam PKPU No 13 tahun 2020 sudah dijelaskan bahwa partai politik atau gabungan partai politik pasangan calon tim kampanye atau pihak lain dilarang melaksanakan kegiatan lain sebagaimana yang dimaksud dalam hal ini yaitu rapat umum.

"Kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, panen raya dan konser musik juga kegiatan olahraga seperti gerak jalan santai atau sepeda santai,” jelas dia.

Pada kesempatan tersebut Polres Banjar dan Banjarbaru, Kodim 1006 Martapura serta Satpol PP juga menyampaikan siap mendukung proses Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Banjar dalam hal pengamanan dan ketertiban. (MC Kominfo Kab.Banjar/Zidane/Prs/mey)