trustnews.id

Kominfo Banjar Bekali Masyarakat Pengetahuan Covid-19 Lewat Buku Saku Berbahasa Daerah
Foto: istimewa

Martapura,InfoPublik – Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menyerahkan buku saku Covid-19 versi Bahasa Banjar kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar.

Buku tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kominfostandi Banjar HM Aidil Basith didampingi Kabid IKP Kominfo Eddy Elminsyah Jaya kepada Rais Syuriah PCNU H Muhammad Husein, di Gedung Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjar, Martapura, pada Jumat (28/8/2020) pagi.

Diserahkannya buku saku merupakan sebuah upaya dalam rangka memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan diri pribadi beserta anggota keluarga dari paparan virus Covid-19 yang tidak terlihat mata.

Menurut Kabid IKP Kominfostandi Banjar Eddy Elminsyah Jaya, buku tersebut sengaja pihaknya keluarkan dengan menggunakan Bahasa daerah (Banjar) guna lebih diketahui dan dimengerti oleh masyarakat luas.

“Terutama untuk masyarakat yang berada di desa-desa terpencil, yang kemungkinan kurang mengerti apa isi yang terkandung didalamnya, untuk itu tim kami merubahnya ke bahasa daerah, agar masyarakat bisa melindungi diri mereka dari ancaman Covid-19,” ujarnya

Eddy juga menambahkan sebelumnya pihaknya telah membagikan buku saku Covid-19 tersebut di beberapa lokasi sejak bulan lalu, seperti di kawasan Kertak Hanyar, Pasar Martapura serta Kawasan lainnya.

“Alhamdulillah buku saku kita bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, karena mungkin mereka lebih mengerti dengan istilah-istilah yang ada setelah diterjemahkan dalam bahasa daerah, yang merupakan bahasa mereka sehari-hari,”katanya.

Ia juga berharap dengan diberikannya buku saku Covid-19 bahasa Banjar ini dapat mengenalkan kepada para pelajar akan pentingnya mengetahui apa itu covid-19, kemudian bisa menerapkan segala informasi tentang protokol kesehatan yang tersedia di buku saku tersebut.

“Buku saku covid-19 juga tersedia pada aplikasi smartphone yaitu i-Martapura sehingga memudahkan generasi muda dalam mengaksesnya,”tuturnya. (MC Kab.Banjar/Ron/Prs/Man/toeb)