trustnews.id

KH. Lukman Hakim: Empat Hal yang Dihadapi dalam Hidup Manusia
Foto: istimewa

Jakarta - KH. Lukman Hakim cahaya sufi mengisi kajian Soul di Financial Hall 2ND Floor Graha CIMB Niaga. Dalam pengajianya tokoh sufi ibukota tersebut menjelaskan mengenai 4 hal yang selalu dihadapi manusia dalam hidupnya. 

Acara yang diselenggarakan atas inisiasi bukanagara coofee tersebut dihadiri oleh puluhan jamaah dari berbagai latar belakang profesi dengan latar belakang yang berbeda beda baik dari pekerja swasta, pemerintah, pengusaha, pelajar hingga pensiunan. 

KH. Lukman yang juga pengasuh Pengasuh Pondok Ma’had ‘Aly Roudlotul Muhibbin itu menjelaskan bahwa Manusia Hidup hanya 4 Hal, pertama soal taat, kedua soal maksiat, ketiga  soal nikmat, dan keepat adalah soal cobaan.  

“Setiap manusia yang beriman pasti mempunya aturan daalam hidupnya apakah meraka mampu taat menjalankanya ataukah mereka mengingkarinya dengan melakukan perbuatan maksiat. Setiap manusia yang hidup hanya akan melakukan kalua nggak ketaatan ya kemaksiatan, tinggal jalan mana yang akan kaliah pilih?”
 
“Kemudian setiap manusia juga dalam hidupnya pasti akan merasakan yang nikmat dan akan merasakan cobaan. Nikmat ini dari nikmat bisa menghirup udara hingga kemikmatan lainya, sedang cobaan ini tidak hanya berupa hal buruk saja namun bisa berupa jabatan, kekayaan, dan kekuasaan yang sifatnya duniawi adalah cobaan bagi manusia.” Lanjut Lukman Hakim.

Maka bagi mereka yang dapat melaksanakan taat dan melewati cobaan maka baginya adalah harapan untuk bertemu dengan Tuhannya.