trustnews.id

KH. Lukman Hakim: Keadilan Tuhan adalah Siksaan
Foto: istimewa

Jakarta - KH. Lukman Hakim cahaya sufi mengisi kajian Soul di Financial Hall 2ND Floor Graha CIMB Niaga. Dalam pengajianya tokoh sufi ibukota tersebut mengatakan bahwa keadilan Tuhan adalah siksaan. 

Acara yang diselenggarakan atas inisiasi bukanagara coofee tersebut dihadiri oleh puluhan jamaah dari berbagai latar belakang profesi dengan latar belakang yang berbeda beda. Meski kajian dikemas dengan tema kekinian namun banyak juga para pensiunan yang hadir dalam acara tersebut. 

“Dimana antara rahmat dan keadilan Tuhan ini saling berpasangan. Rahmat Tuhan turun untuk semua makhluk tanpa kecuali baik yang beriman maupun tidak, namun Keadilan Tuhan turun hanya bagi mereka yang tidak beriman.” Lanjut Lukman.

Pengasuh Pondok Ma’had ‘Aly Roudlotul Muhibbin itu menjelaskan bahwa adanya surga dan neraka juga merupakan keadilan Tuhan. Maka setiap manusi layaknya akan masuk neraka semua karena keadilan Tuhan. Dan Surga hanyalah bagi mereka yang mempunya harapan, yaitu Allah. 

“Sebagaimana hukum di dunia, setiap hukum mempunyai sisi keras dan sisi kebijaksanaa. Sisi keras hukum seperti sanksi kurungan, sanksi denda, bahkan hukuman mati. Sedang sisi kebijaksanaan adalah keringanan hukuman, subtitusi hukuman atau bahkan bebas dari hukum yang ada. Sama halnya dengan hukum Tuhan sisi keadilanya adalah setiap orang akan masuk neraka, dan sisi Rahmat Nya adalah pengampunan segala dosa bagi mereka yang beriman.” Jelas Lukman Hakim. 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dalam menyikapi kehidupan ini kita hanya perlu takut kepada Alloh dan berharap sebesar besarnya juga kepada Allah.