trustnews.id

Atasi Kekeringan Perumdam TKR Distribusikan Air Bersih Gratis

TRUSTNEWS.ID,. - Wajah Saiful Anwar tampak sumringah. Kesulitan air bersih yang dialami sedikit teratasi dengan adanya pendistribusian air bersih oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang.

Warga Desa Kampung Kronjo, Kecamatan Kronjo, ini mengaku sedikit tenang untuk pergi melaut, karena tidak lagi khawatir akan ketersediaan air untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum dan memasak. Ditambah lagi, air bersih tersebut dudapatkannya dengan cuma-cuma alias gratis.

"Sebelumnya ada penyaluran air bersih dari suatu instansi hanya saja warga harus harus mengeluarkan uang Rp 5.000 sampai Rp 10.000 untuk membeli air. Uang segitu terbilang besar untuk masyarakat di sini yang mayoritas berprofesi nelayan kecil uang segitu untuk membeli air lebih dari sekali," ungkapnya.

Warningsih, warga Kronjo lain juga mengaku terbantu akan air bersih dari Perumdam TKR. Meski dirinya mengaku bukan pelanggan TKR.

"Air bersih dari TKR sangat membantu sekali dalam kondisi ketiadaan air bersih. Masya Allah sangat terbantu sekali, meski saya bukan pelanggan juga dapat air bersihnya," ujarnya.

Anwar dan Warningsih hanyalah bagian kecil dari 2.000 warga Kronjo yang alami krisis air bersih. Untuk saat ini, warga Desa Kronjo hanya bisa berharap bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dikirim secara rutin. Warga mengaku tidak sanggup harus terus membeli air karena penghasilan mereka kecil.

Perumdam Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang tidak berdiam diri atas kesulitan air bersih yang dialami masyarakat akibat kemarau panjang. Secara keseluruhan TKR terus mensosialisasikan air bersih ke masyarakat yang berada di 16 kecamatan dan 47 desa, yaitu Kecamatan Curug, Panongan, Legok, Kronjo, Jambe, Teluknaga, Cikupa, Balaraja, Mekar Baru, Kresek, Cisoka, Kemeri, Solear, Pagedangan, Tigaraksa, dan Sukadiri. `

Untuk memaksimalkan pendistribusian air bersih, pihaknya telah menyiagakan 16 mobil tangki pengangkut air bersih dan menyiapkan 11 terminal pasokan air bersih.

Selama tiga bulan terakhir, Juli sampai September, mobil tangki air Perumdam TKR hilir mudik mengantarkan bantuan tersebut, baik dari kantor pusat maupun dari kantor cabang. Sebanyak 3 juta 195 liter air sudah disalurkan untuk membantu warga memenuhi kebutuhan air bersihnya. ujar Imam, Kepala Unit Kronjo Perumdam TKR, kepada TrustNews.

Khusus untuk Kronjo lanjutnya, pendistribusian air bersih dilakukan minimal 2 minggu sekali atau tergantung kondisi di lapangan. Namun tiap 2 minggu sekali kirimkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan gratis," pungkasnya.