trustnews.id

Balai Karantina Pertanian Batam Dorong Optimalisasi Ekspor Komoditi Unggulan

TRUSTNEWS.ID,. - Guna mendorong optmalisasi ekspor di tahun 2023, Balai Karantina Pertanian Batam punya strategi khusus. Langkah maksimal yang akan dijalankan tersebut yakni dengan melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis eskpor serta pembinaan kepada para eksportir di wilayah kerja UPT Batam.

Hal itu ditegaskan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Karantina Pertanian Batam, T. Iskandar, menjawab pertanyaan Trustnews. Ditambahkannya dalam mendorong optimalisasi ekspor pihaknya juga melakukan percepatan pada layanan ekspor serta sosialisasi paperless (electronic certificate) kepada para eksportir. Namun, fokusnya saat ini lebih ditekankan pada komoditas unggulan yang berasal dari Batam seperti Kakao Kelapa, kelapa sawit, sayuran, sarang burung wallet beserta seluruh turunannya.

Sedangkan untuk mendorong untuk mendorong komoditas baru, pihaknya melakukan pembinaan kepada para eksportir tentang peluang ekspor negara tujuan.“Dikarantina, ekspor menjadi prioritas layanan dan diberi kemudahan (electronic certificate). Ekspor komoditas pertanian di Batam memberikan peran positif dalam perekonomian di Batam. Hal ini bisa di liat dari data BPS Kota Batam. Keberhasilan dapat dilihat dari nilai ekspor, jumlah nilai dan volume yang naik serta jumlah eksportir yang semakin meningkat,” tambahnya meyakinkan.

Dengan kondisi ini, ke depan pihaknya akan menggenjot ekspor komoditas dari Batam, dengan melakukan pembinaan yang berkelanjutan terhadap komoditas hortikultura yang sedang di kembangkan di Batam.

Karantina mempunyai peran yang sangat strategis dalam peningkatan ekspor, yaitu : Memastikan Komoditas Pertanian Ekspor diterima sesuai ketentuan Sanitary Phytosanitary (SPS) negara tujuan. Memberikan jaminan Kesehatan Komoditas pertanian yang ekspor bebas dari Quarantine Pest negara tujuan. Dan sebagai focal point NPPO yang mampu menyampaikan Notification Non Compliance (NNC) ke negara tujuan apabila terjadi kendala ekspor.

Guna memperkuat peran strategis karantina, menurut Iskandar pihaknya juga meningkatkan sinergi dengan instansi lain antara lain dengan instansi di kepelabuhanan dan dinas pertanian setempat. ”Semoga ke depan ekspor komoditas pertanian dari Batam semakin meningkat dari tahun ke tahun,” pungkasnya.