trustnews.id

Optimisme Besar BPRS Harta Insan Karimah
Dok, Istimewa

Optimisme Besar BPRS Harta Insan Karimah

NASIONAL Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:23 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Satu di antara upaya itu, ditunjukkan oleh PT BPRS Harta Insan Karimah. Perusahaan berkantor pusat di Jalan HOS Cokroaminoto No 17, Karang Tengah, Tangerang, Banten ini punya optimisme besar bakal menempati posisi lebih baik tahun ini, dibandingkan tahun 2022. Indikatornya dilihat dari sisi portofolio bisnis dan laba secara keuangan.

Kami optimis 2023 akan lebih baik dibanding 2022. Dari sisi bisnis pembiayaan ini kita melihat ada ritel dan komersial. Komersial lebih ke UMKM geliatnya membaik sejak akhir tahun lalu dan ini terus bergerak, sehingga di sisi pembiayaan komersial bisa tumbuh positif,” tegas Alfi Wijaya Direktur Utama PT BPRS Harta Insan Karimah kepada Trustnews dalam sebuah wawancara khusus.

Selain itu, lanjutnya, hal itu bisa ditinjau dari pembiayaan ritel. Disini Alfi dan seluruh jajarannya berkomitmen untuk membesarkan pembiayaan ritel sekalipun persaingannya cukup ketat dan kompleks. Banyak pelaku perbankan yang tadinya tidak ‘melirik’ sektor ini, kini ikut terlibat aktif.

“Jadi area ini agak menantang, dan mungkin dulu karena UMKM turun mereka masuk kesana, nah sekarang kita hanya bertahan, kalau menambah pasti banyak kompetitor, jadi kami masuk di area yang bisa dikembangkan. Kami coba di KPR, karena saat di lapangan, secara pricing memang menantang,” tandasnya.

Diakui Alfi, hingga saat ini total kredit yang telah digelontorkan perusahaan yang dipimpinnya, sebesar Rp495 miliar, dengan spesifikasi sekitar 75% ke komersil dan 25% ke ritel. Meskipun demikian dirinya berharap bisnis yang tengah dikembangkannya terus berkembang sesuai harapan. Selain itu, secara diversifikasi pembiayaan lebih bagus dan sustain. “Kami ingin membuat organisasi semakin sehat dan karyawan makin meningkat kesejahteraannya,” ujar Alfi penuh harap.