trustnews.id

Galeri 24 Fokus 3 Aspek, Apa Saja?
Dok, Istimewa

Galeri 24 Fokus 3 Aspek, Apa Saja?

NASIONAL Jumat, 14 Juli 2023 - 23:54 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Menatap tahun 2023, Galeri 24 - anak perusahaan PT Pegadaian - telah menyiapkan beberapa strategi bisnis untuk peningkatan layanan dan nilai perusahaan. Dengan memfokuskan penguatan sumber daya yang telah dibangun dan dimiliki dalam tiga aspek. Yakni sumber daya manusia, channel offline & online, dan workshop perhiasan emas.

Dari segi SDM, Galeri 24 fokus memberikan pelatihan-pelatihan khusus ke karyawan. Dari segi channel offline, penguatan outlet dengan melakukan standarisasi outlet dan layanan, penguatan SOP, penguatan pemasaran, dan peningkatan layanan ke customer. Adapun dari segi channel online, melakukan pemasaran ke media digital secara masif seperti di Instagram, tiktok, dan marketplace.

“Sesuai dengan fokus Galeri 24 Tahun ini, Galeri 24 memberikan pelatihan-pelatihan khusus kepada karyawan agar dapat memiliki kompetensi yang setara dengan karyawan di dunia kerja yang siaga dan tanggap terhadap perkembangan saat ini. Terlebih transformasi digital yang sangat cepat,” ungkap Endah Susiani, Direktur Pegadaian Galeri 24 kepada TrustNews.

Terkait dengan transformasi digital, menurut Endah, transformasi digital mutlak harus dilakukan karena hal itu merupakan tuntutan zaman, tentunya Galeri 24 harus dapat memahami perilaku konsumen (customer behavior) dalam beberapa tahun terakhir, termasuk saat pandemi.

Sehingga perusahaan dapat menjawab tantangan dan ketatnya persaingan ke depan dengan baik.

Baginya, transformasi digital yang dilakukan merupakan bagian dari serangkaian inovasi yang dilakukan Galeri 24. Mulai dari mengeluarkan produk baru dengan design baru, mengembangkan teknologi yang terintegrasi satu sama lain (Omnichannel), membuka outlet dengan konsep berbeda (New Look), adanya ATM Emas, membangun outlet digital dan meningkatkan layanan digital.

“Customer Galeri 24 tercatat semakin beragam, baik dari sisi usia, latar belakang ekonomi, hingga pemanfaatan teknologi dalam menggunakan layanan perusahaan,” ungkapnya. Dengan tersebarnya outlet Galeri 24 di seluruh wilayah Indonesia, tentu Galeri 24 memiliki standarisasi pelayanan. Penetapan standarisasi oleh Galeri 24 ini dilakukan agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi customer serta meningkatkan rasa kepercayaan customer kepada Galeri 24 sebagai perusahaan yang terpercaya.

“Tujuannya agar ada standarisasi di semua outlet Galeri 24 dengan harapan agar pelayanan lebih baik, lebih nyaman, lebih murah, lebih aman. Bagi customer lebih mudah bertransaksi dan mendapatkan emas dengan harga yang kompetitif dan kualitas terjamin,” jelasnya.

Dalam upaya meningkatkan layanan, Galeri 24 juga melakukan sejumlah kolaborasi dengan Perbankan, misalnya kolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam wujud, customer pengguna kartu kredit BRI mendapatkan diskon pembelian produk LM/Perhiasan di outlet Galeri 24.

“Selain itu, dalam customize emas batangan dan perhiasan, karyawan Galeri 24 melakukan literasi dan promosi emas dengan beberapa perbankan maupun Pegadaian di event-event korporasi, pameran dan kegiatan lainnya. Termasuk melakukan kerjasama bundling produk, mengambil produk mulia gratis emas dan lainnya,” jelasnya.

Begitu juga sinergi Galeri 24 dengan platform penyedia solusi program loyalty, rewards & gifting untuk B2B2C di Asia - sebagai mitra untuk meluncurkan program loyalitas pelanggan tersebut. Melalui kemitraan ini, Galeri 24 ingin lebih memanjakan semua customer yang membeli emas di platformnya dengan memberikan loyalty point untuk setiap transaksi. Nantinya, customer yang pertama kali daftar menjadi anggota Galeri 24 Membership akan langsung mendapat 15.000 poin gratis. Selanjutnya, setiap pembelanjaan Rp 1.000 akan mendapat poin sesuai dengan level keanggotaan; 1 poin untuk level bronze, 2 poin untuk level silver dan 3 poin untuk level gold.

“Kita ingin membentuk ekosistem emas dimana customer menjadi bagian dari Pegadaian (Galeri 24). Sehingga Galeri 24 menjadi The Leading Company in Gold Ecosystem Indonesia yang menjadi pilihan utama masyarakat dalam membeli dan berinvestasi emas,” pungkasnya.