trustnews.id

Drawing Kualifikasi Piala Asia  U-16 Grup G & U-19 Grup K
Sumber:google

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sudah melakukan drawing pembagian grup Kualifikasi Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19.  

Drawing babak penyisihan grup kualifikasi Piala AFC U-16 dan U-19 telah berlangsung.
Hasilnya,  U-16 berada di Grup G bersama China, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara. Indonesia akan menjadi tuan rumah di fase kualifikasi ini.
Proses pengundian (drawing) berlangsung di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5) sore. 47 negara ambil bagian dalam Kualifikasi Piala Asia U-16. Fase ini pun dibagi ke dua zona yakni Zona Barat, yang terdiri dari Asia Barat, Selatan, dan Tengah dengan total 25 negara. Kemudian Zona Timur yang terdiri dari Asia Timur dan ASEAN dengan total 22 negara.
Grup yang diisi oleh lima tim akan memulai kualifikasi pada 14 September, diikuti oleh grup dengan empat tim pada 18 September. Semuanya fase kualifikasi berakhir pada tanggal 22 September.
Nantinya juara grup dan empat runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020. Satu lagi negara peserta adalah tuan rumah yang lolos otomatis.
Saat ini negara tuan rumah putaran final belum ditentukan. Kalau sudah ditentukan dan negara itu lolos dari kualifikasi, maka jatahnya diberikan kepada runner-up terbaik posisi kelima. 
Timnas U-16 Indonesia dilatih oleh Bima Sakti.
Semantara itu ditempat yang sama, drawing babak penyisihanPiala Asia U-19 tuntas dilakukan. U-19 masuk ke Grup K. Garuda Muda berada satu grup dengan Korea Utara, Hong Kong dan Timor Leste. Seluruh laga kualifikasi akan dimainkan pada 2-10 November 2019.
Nantinya juara grup dan empat runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Satu lagi negara peserta adalah tuan rumah yang lolos otomatis.
Saat ini negara tuan rumah putaran final belum ditentukan. Kalau sudah ditentukan dan negara itu lolos dari kualifikasi, maka jatahnya diberikan kepada runner-up terbaik posisi kelima. 
Pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini (TN)