trustnews.id

Survei LSI : Airlangga  Lawan Kuat Prabowo di Pilpres 2024
Airlangga Hartarto Ketua Umum Golkar
Pilpres 20

Survei LSI : Airlangga  Lawan Kuat Prabowo di Pilpres 2024

POLITIK Sabtu, 17 Desember 2022 - 12:08 WIB Tn

Jakarta, Laboratorium Suara Indonesia  (LSI) merilis survei tentang preferensi dan persepsi masyarakat jika pemilu digelar hari terkait partai politik. Survei juga menjelaskan siapa tokoh bakal capres paling favorit masyarakat. 

 

Sementara itu,survei dilakukan dengan metode Field Study yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data primer melalui wawancara mendalam (in-depth interview) dengan institusi dan stakeholders yang relevan.

Responden dari survei ini terdiri dari PNS, pelaku usaha, dosen dan mahasiswa, buruh, ibu rumah tangga, sopir angkutan umum, pengusaha dan petani. Total sebanyak 2.160 responden yang ikut dalam survei ini. 

Hasil penelitian memiliki Confidence Level 95 persen dan Confidence interval 2,12 persen yang diambil dari 1.070  kecamatan di 34 Provinsi di Indonesia. Survei dilaksanakan dari 23 November hingga 8 Desember 2022.

Direktur Eksekutive LSI, Albertus Dino mengatakan, dari survei yang dilakukan pihaknya, Airlangga Hartarto menjadi capres terfavorit jika Pemilu digelar hari ini. Ketua Umum Golkar itu mendapat perolehan 12,8 persen suara dari responden.

Airlangga unggul dari Prabowo Subianto yang meraih 11,3 persen responden. Kemudian Puan Maharani di posisi ketiga dengan 10,1 persen suara responden.

"Alasan responden (memilih mereka) bahwa ketiga tokoh tersebut paling punya kesempatan paling besar dan paling mungkin di usung oleh Golkar, Gerindra dan PDI Perjuangan," ujar Albertus dalam keterangannya, Jumat (16/12/22).

Selain itu, kata Albertus, ada nama Ganjar Pranowo di posisi keempat. Gubernur Jawa Tengah itu dipilih oleh 9,7 persen responden 

"Ganjar dipilih karena memang suka dan terpengaruh dari terpaan pemberitaan di medsos dan media mainstream," ucapnya. 

Sementara yang memilih Anies Baswedan sebanyak 8,5 persen. Raihan mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantaran sudah ada partai yang mendeklarasikannya sebagai Capres.

"Masifnya gerakan Anies Baswedan dan relawannya turun ke lapangan untuk sosialisasi juga jadi faktor," katanya.

Menanggapi hasil survei LSI, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (AIA), Ujang Komaruddin mengatakan, bahwa tingginya elektabilitas Airlangga karena kerja kerasnya sebagai Menko Perekonomian. Ia dinilai berhasil melewati badai ekonomi saat pandemi Covid-19.

"Soal survei lain yang memunculkan tokoh lain, tapi bukan berarti Airlangga tidak kuat, justru survei LSI ini berikan bukti Airlangga masih kuat sebagai Capres pilihan masyarakat, " kata Ujang kepada awak media, Jumat, 16 Desember 2022.

Survei LSI terkait elektabilitas Airlangga, sambung Ujang, menjadi nilai positif bagi Partai Golkar untuk tetap konsisten memenangkan Airlangga sebagai Capres 2024. Selain itu, dengan adanya dukungan masyarakat itu merupakan modal Airlangga Hartarto maju bersama KIB untuk menang Pilpres 2024.

"Adanya survei LSI yang mengunggulkan Airlangga sebagai Capres terpilih, maka ini nilai positif bagi Golkar, maka Golkar terus konsisten untuk memenangkan Airlangga sebagai Capres 2024," ucapnya.

 

Sementara itu, pengamat Politik dari Universitas Mulawarman Kalimantan Timur, Sonny Sudiar mengingatkan agar KIB terus berusaha menaikkan elektabilitas Airlang. Karena meski dalam survei LSI, Airlangga menjadi tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi, namun masih harus dilengkapi dengan dukungan KIB.

 

"Ya harus ada dukungan dari KIB untuk tetap solid mengusung capresnya dari internal KIB," ungkap Sonny.