trustnews.id

Digitalisasi Bank Eka Tingkatan Layanan
Dok, Eko Budiyono, Direktur Utama PT BPR Eka Bumi Artha (Bank Eka). Foto : Infobank News

Digitalisasi Bank Eka Tingkatan Layanan

NASIONAL Sabtu, 17 September 2022 - 12:16 WIB Hasan

Trustnews.Id - Bank Eka konsisten dalam melakukan inovasi dengan menerapkan teknologi digital untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan perbankan.

Perkembangan teknologi informasi yang cepat telah membawa kehidupan masyarakat dunia memasuki era baru yang sering disebut era revolusi industri 4.0. Era ini ditandai dengan berkembangnya berbagai inovasi teknologi seperti Internet of Things (IoT), Cloud Computing, Artificial Intelligence (AI), dan Machine Learning.

Eko Budiyono, Direktur Utama PT BPR Eka Bumi Artha atau Bank Eka, mengatakan pemanfaatan berbagai teknologi tersebut di bidang layanan keuangan telah membawa perubahan yang signifikan pada industri perbankan. Terhadap perkembangan teknologi tersebut, Bank Eka konsisten dalam melakukan inovasi dengan menerapkan teknologi digital untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan perbankan.

Adapun langkah yang telah dilakukan Bank Eka dalam melakukan inovasi layanan dilakukan melalui layanan e-banking yaitu ATM dan mobile banking.

Pada saat yang bersamaan, Menurutnya, dalam rangka terus meningkatkan daya saing Bank Eka dalam kegiatan penghimpunan dana masyarakat khususnya Tabungan, maka Bank Eka menerapkan teknologi yang handal melalui fasilitas transaksi keuangan perbankan elektronik (electronic banking).

"Salah satu penerapan teknologi digital yang diterapkan Bank Eka adalah Mobile Banking yang merupakan penyempurnaan dan peningkatan layanan dari SMS Banking," ujar Eko Budiyono kepada TrustNews.

'Penyelenggaraan kegiatan Mobile Banking diharapkan akan membawa dampak pada peningkatan ctra perusahaan (brand image) dan peningkatan level kepercayaan serta loyalitas nasabah yang pada gilirannya akan meningkatkan penghimpunan dana masyarakat," paparnya.

Dirinya pun mengatakan, ke depan penggunaan mobile banking terus dikembangkan fiturnya agar dapat menjangkau nasabah peminjam. Dengan demikian nasabah peminjam dapat merasakan pelayanan yang mudah dan cepat.

Dia membeberkan data bahwa Bank Eka telah memiliki ATM sejak tahun 2005 dengan bergabung dengan jaringan ALTO. Dengan ATM tersebut, nasabah Bank Eka dapat bertransaksi di seluruh mesin ATM Bank Eka serta di ATM yang masuk dalam jaringan ALTO di seluruh Indonesia.

"Saat ini jaringan ATM Bank Eka telah dikembangkan dengan bergabung Artajasa sehingga nasabah Bank Eka yang memiliki ATM menjadi semakin mudah dalam bertransaksi karena ATM Bank Eka dapat digunakan di seluruh mesin ATM, ujarnya.

Kemudian, Bank Eka, menurutnya, inovasi layanan transaksi perbankan digital telah berhasil diwujudkan pada tahun 2019 adalah peluncuran dan implementasi Mobile Banking. Dengan Mobile Banking, nasabah Bank Eka dapat merasakan layanan perbankan dalam genggaman. Nasabah dapat menikmati fitur perbankan melalui smartphone yaitu meliputi lihat transaksi, transfer, pembayaran, dan pembelian.

Bahkan di 2022 Bank Eka telah melaunching e-money yang merupakan kolaborasi dengan Bank Mandiri dengan fungsi untuk melakukan berbagai macam pembayaran salah satunya pembayaran tol.

"Pada tahun 2022 ini, Bank Eka juga hendak menjalankan program Laku Pandai dalam rangka inklusi keuangan tanpa kantor. Saat ini dalam proses development," pungkasnya.

(tn/san)