trustnews.id

BPR Sampuraga Cemerlang Digitalisasi Mudahkan Pelayanan di Tengah Pandemi
Dok, BPR Sampuraga Cemerlang/Istimewa
Bank Perkreditan Rakyat

BPR Sampuraga Cemerlang Digitalisasi Mudahkan Pelayanan di Tengah Pandemi

NASIONAL Kamis, 15 September 2022 - 15:19 WIB Hasan

Trustnews.Id - Ragam inovasi yang dilakukan BPR Sampuraga Cemerlang dalam masa pandemi. Terlahir setahun sebelum pandemi menyapu negeri, tidaklah membuat BPR Sampuraga Cemerlang patah semangat. Pandemi yang melahirkan dampak pada perekonomian nasional akhirnya berimbas pada sektor pekerja, terutama pada empat sektor utama yaitu pariwisata, perdagangan, manufaktur dan pertanian.Tercatat lebih dari 3,5 juta orang di PHK atau dirumahkan terkena dampaknya.

Muhammad Ridwan, Direktur Utama BPR Sampuraga Cemerlang, mengakui BPR yang dipimpinnya merasakan dampak yang diakibatkan pandemi Covid-19. Bah kan di tengah meningkatnya grafik orang terpapar Pandemi Covid-19, operasional BPR yang sahamnya milik Pemkab Lamandau, ini tetap melakukan aktivitasnya dengan tetap melaksanakan prokes yang ketat.

"Kami akui bahwa pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi keberlangsungan dunia usaha, tak terkecuali dunia perbankan khususnya BPR Sampuraga Cemerlang, tentu kami merasakan dampak negatif dari Pandemi Covid. Namun demikian sudah menjadi kewajiban dan komitmen kami untuk tetap menjaga keberlangsungan layanan dan operasional BPR Sampuraga Cemerlang," ujar Muhammad Ridwan kepada Trustnews.

Hanya saja, lanjutnya, di setiap cobaan pasti ada hikmahnya, yakni ragam inovasi yang dilakukan BPR Sampuraga Cemerlang dalam masa pandemi. Seperti memberikan kemudahan akses masyarakat terhadap perbankan dengan layanan antar jemput bola.

"Kami melakukan pelayanan jemput bola kepada masyarakat, mulai dari pembukaan rekening, penarikan maupun setoran. Sehingga masyarakat, pengusaha serta pedagang yang telah menjadi nasabah bisa melakukan transaksi keuangan di tempat usahanya atau di rumah tanpa harus ke kantor BPR," urainya.

Begitu juga dengan pilihan transformasi digitalisasi yang dilakukan BPR Sampuraga Cemerlang, baginya, dengan mengoptimalkan core banking system berupa update server. Dimana setiap petugas account officer yang bertugas dilapangan dapat melakukan transaksi input setoran melalui handphone yang didalamnya ada software IBS Branchless.

"Dengan IBS Branchless petugas BPR dapat melakukan transaksi keuangan terkhusus setoran secara real time di tempat nasabah," ungkapnya.

Selain itu, dikatakannya, BPR juga telah memiliki website yang selalu di-update sehingga nasabah mengetahui produk apa saja yang ditawarkan oleh BPR Sampuraga serta dapat langsung mengajukan form baik pembukaan tabungan, deposito serta form kredit melalui website www.banksampuraga.com .

Dengan inovasi dan kemudahan yang ditawarkan, lanjutnya, sampai dengan akhir bulan Juli 2022, Kredit yang telah tersalurkan ke masyarakat yaitu Rp. 52.103.402.057, untuk segmen nasabah masih didominasi oleh UMKM seperti pedagang grosir dan eceran di pasar, warung makan, toko kue dan makan, serta para pelaku usaha yang sumber ekonominya dari hasil perkebunan sawit.

BPR Sampuraga Cemerlang terus berkomitmen dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi daerah salah satunya dengan program pemberian kredit TABUNG (Kredit Tanpa Bunga dan Agunan),.

"BPR Sampuraga juga memanfaatkan subsidi bunga dari kementerian keuangan sehingga dapat lebih memudahkan upaya BPR Sampuraga Cemerlang dalam membantu program pemerintah terhadap pemulihan ekonomi daerah," pungkasnya.

(tn/san)