trustnews.id

PELATIHAN LEADERSHIP DEVELOPMENT PROGRAM BAGI PEJABAT TINGGI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN ESDM
Istimewa

Bandung (12/03), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusai Energi dan Sumber Daya Mineral. terus melakukan Pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian ESDM, pengembanggan kompetensi yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja ASN dan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM.

Pada tanggal 12-13 Maret 2022, sebanyak 15 orang pejabat tinggi pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian ESDM mengikuti Leadership Development Program (LDP) dengan materi mencakup About Coaching, Interaction Essentials dan Coaching Techniques, Case study, SMART Performance Goals, Gathering Data, Reviewing Results Skill Practice dan Resources for Managing Performance. Acara berlangsung di Hotel The Gaia, Kota Bandung, Jawa Barat.

Program pengembangan kepemimpinan (LDP) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan kompetensi yang diadakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (PPSDM Aparatur) Kementerian ESDM. Program bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi manajerial Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian ESDM.

Kepala PPSDM Aparatur Kementerian ESDM, A. Susetyo Edi Prabowo, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan LDP ini diselenggarakan khusus bagi pejabat Tinggi Pratama Kementerian ESDM, selain itu PPSDM Aparatur Kementerian ESDM juga menyelenggarakan pengembangan kompetensi di bidang Kepemimpinan, Manajemen dan Administrasi bagi ASN dilingkungan Kementerian ESDM, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kompetensi dan sikap/perilaku.

Pada kesempatan yang sama saat membuka pelatihan LDP secara virtual zoom Kepala BPSDM ESDM, Prahoro Yulianto Nurtjahyo, menyampaikan bahwa persiapan suksesi di Kementerian ESDM merupakan hal yang sangat penting, terencana dengan baik dan harus berjalan dengan mulus, oleh karena itu BPSDM ESDM sebagai unit utama yang fungsinya menyelenggarakan pengembangan kompetensi ASN di lingkungan Kementerian ESDM, harus sudah menyiapkan kader-kader ASN yang terbaik yang siap menganti pejabat tinggi di lingkungan Kementerian ESDM yang dalam waktu dekat akan memasuki masa purna bakti,

Mengakhiri sambutannya Kepala BPSDM ESDM berharap para peserta pelatihan LDP mendapatkan manfaat yang maksimal dari penyelengaraan Pelatihan LDP yang sudah diikuti. (os).