trustnews.id

Raihan Gemilang PT Perusahaan Gas Negara Tbk
istimewa

Raihan Gemilang PT Perusahaan Gas Negara Tbk

BISNIS Kamis, 07 Maret 2019 - 04:23 WIB TN

Efisiensi yang dilakukan mampu membukukan laba.

 

Berbagai upaya efisiensi yang dilakukan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sepanjang tahun 2018 membuahkan catatan manis. Sub-holding gas ini, berhasil mengakuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) serta meraih laba bersih sebesar US$304,9 juta atau setara Rp4,34 triliun (kurs 14.235 per dolar AS).

”Kami melakukan berbagai upaya efisiensi sehingga mampu mencetak laba di tengah kondisi perekonomian yang sedang mengalami perlambatan,” ungkap Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama, Kamis (21/2), melalui keterangan resminya.

PGN, lanjutnya, membukukan pendapatan US$3,87 miliar di tahun 2018, meningkat ketimbang periode yang sama di 2017 yang sebesar US$3,57 miliar. Pendapatan emiten berkode PGAS itu diperoleh dari hasil penjualan gas sebesar US$2,79 miliar serta penjualan minyak dan gas sebesar US$585 juta.

Adapun laba operasi konsolidasian selama 2018 mencapai US$645 juta. Alhasil, PGN mencatat laba bersih sebesar US$304,9 juta. Dengan capaian itu, EBITDA perusahaan meningkat menjadi US$1,19 miliar dari US$1,08 miliar di periode 2017.

Dia mengungkapkan ke depannya PGN tetap optimis meraup hasil positif. Terlebih, selaku sub-holding gas, PGN mengelola mayoritas infrastruktur transmisi dan distribusi gas bumi. Selama periode 2018, PGN menyalurkan gas bumi sebesar 3.102 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Rinciannya volume gas distribusi sebesar 963 MMSCFD dan volume transmisi gas bumi sebesar 2.139 MMSCFD.

Rachmat mengatakan, sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional, PGN optimis kinerja perusahaan juga akan semakin baik. Meskipun kondisi perekonomian mengalami perlambatan, PGN tetap mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat.

PGN akan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional. Pada 2018 infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 2.456 kilometer (km) dan saat ini mencapai lebih dari 9.909 km atau setara dengan 95% dari jaringan pipa gas bumi hilir nasional.

Dari infrastruktur tersebut, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 1.739 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.984 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan usaha kecil menengah (UKM), serta 177.710 pelanggan rumah tangga yang dibangun dengan investasi PGN.

Pelanggan gas bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sorong, dan Papua Barat. Saat ini PGN juga mengelola dan menyalurkan gas bumi untuk sektor transportasi melalui 10 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dan 4 Mobile Refueling Unit (MRU). (TN)