trustnews.id

KERJA CERDAS TIRTA AJI
Muchammad Sjahid, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Aji

KERJA CERDAS TIRTA AJI

DAERAH Senin, 06 September 2021 - 07:02 WIB TN

Tingginya komitmen Perumda Tirta Aji yang gencar meningkatkan program kerja cerdas di seluruh lini perusahaan, membuat eksistensi perusahaan meningkat pesat. Kepercayaan pelanggan yang terus melonjak, jadi salah satu kekuatan besar perusahaan ini untuk berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wonosobo, Jawa Tengah.

Setiap karyawan yang bekerja cerdas, pasti selalu mengandalkan pemikiran kerja yang lebih kreatif dan kritis dalam memecahkan persoalan. Bahkan, mereka juga mengedepankan prinsip kehati-hatian dan selalu berpegang pada pertimbangan matang setiap tawaran yang diberikan, sebagai upaya menyesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya.

Pola kerja cerdas serupa saat ini juga tengah optimal dikembangkan Perumda Air Minum Tirta Aji, Wonosobo, Jawa Tengah. Dalam upaya memaksimalkan bisnis, perusahaan umum daerah yang ‘dikomandani’ Muchammad Sjahid selaku Direktur Utama itu, memaksimalkan bisnis dengan memegang teguh filosofi Kerja Cerdas.

Kerja Cerdas juga dijadikan motto perusahaan. Selalu ditanamkan kuat dalam diri karyawan. Pola-pola kerja lama, yang dinilai bertolak belakang dengan filosofi, perlahan mulai digeser. Sebagai contoh, sistem padat karya yang selama ini jadi jargon dalam mengoptimalkan pekerjaan mulai diganti pada sistem yang berpatokan pada pola kerja padat teknologi.

“Pendekatan teknologi dalam mengelola pekerjaan terus kita tingkatkan. Berkurangnya pegawai karena purna tugas juga tidak serta merta diikuti dengan pergantian pegawai baru. Tetapi mengedepankan pengelolaan kerja dengan teknologi.
Sehingga pemantauan lapangan sangat minim dilakukan. Diganti dengan pemantauan dari kantor melalui kekuatan aplikasi teknologi yang kami bangun,” ungkap Muchammad Sjahid bangga.

Diakuinya, dalam mewujudkan filosofi Kerja cerdas, juga diperlukan pegawai yang brilian. Oleh karenanya dalam menunjang itu, Perumda Air Minum Tirta Aji memfokuskan pelaksanaan Officer Development Program (ODP) dengan menerima siswa-siswa SMA berprestasi.

Dimulai sejak tahun 2020 dan berhasil menyaring 22 orang lulusan terbaik. Mereka ini merupakan putra-putri bangsa berprestasi yang dipilih untuk disekolahkan oleh perusahaan untuk mengenyam pendidikan di AKATIRTA Magelang. Akedemi ini merupakan Kawah Candradimukanya para tenaga ahli air minum di Indonesia, yang khusus digembleng tentang pengetahuan dan teknologi tentang air minum. “Kita sangat berharap ODP ini akan menjadi tulang punggung kekuatan Perumda Air Minum Tirta Aji ke depan,” harap Muchammad Sjahid.

Etos kerja

Perumda Air Minum Tirta Aji sampai dengan 31 Juli 2021 sudah melayani 105.585 SR/Sambungan Rumah tersebar di 14 dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Cakupan layanannya meliputi 2 parameter yang selalu dijadikan pedoman. Pertama, apabila diukur dari wilayah administrasi (semua wilayah yang ada di Kabupaten Wonosobo) dengan asumsi setiap KK terdiri dari 2,71 orang, maka cakupannya adalah 31,28 %.

Kedua, jika diukur dari wilayah teknik (wilayah yang sudah ada jaringan Perumda Air Minum) dengan asumsi setiap KK di perkotaan terdiri dari 4 orang dan di perdesaan terdiri dari 6 orang, maka cakupannya adalah 67 %.

Kedua cakupan ini bisa tercapai karena didasari pada pijakan etos kerja yang tinggi serta moto Kerja Cerdas yang tertanam kuat pada diri setiap insan Perumda Air Minum Tirta Aji. Program rutin maupun program tambahan selalu selesai sesuai target hasil maupun waktu

“Benar-benar kerja yang sangat saya rindukan. Saya benar-benar bahagia bisa kerja bareng teman-teman,” tambahnya.

Guna menjaga ketersediaan Cadangan/Stok air di sumber mata air yang merupakan salah satu modal utama sebuah perusahaan pengelola air, Perumda Air Minum Tirta Aji melakukan sejumlah langkah strategis yaitu dengan melakukan study untuk menemukan catchmen area di 36 sumber mata air yang dimanfaatkan. Selain itu juga aktif memprogramkan penanaman di catchmen area tersebut secara bertahap.

Untuk itu, Muchammad Sjahid berkomitmmen untuk mewujudkan Perumda Air Minum Tirta Aji sebagai perusahaan yang bertumpu pada keunggulan SDM melalui upaya membudayakan semangat Kerja cerdas, padat teknologi, melayani dengan lebih baik.

Dengan tingginya komitmen ini, pastinya masyarakat pelanggan merasa nyaman dan puas dengan kehadiran Perumda Air Minum Tirta Aji. Perusahaan ini harus menjadi salah satu institusi yang ikut berperan dalam mewujudkan kemakmuran masyarakat Kabupaten Wonosobo. (TN)



Mantan Teroris: Keberadaan Densus 88 Patut Disyukuri Umat Islam
Penanganan Terorisme

Mantan Teroris: Keberadaan Densus 88 Patut Disyukuri Umat Islam

POLITIK Kamis, 14 Oktober 2021 - 19:09 WIB

APROBI: TANTANGAN PENGEMBANGAN B40

APROBI: TANTANGAN PENGEMBANGAN B40

NASIONAL Selasa, 19 Oktober 2021 - 08:09 WIB

BKK Jateng (Perseroda) GEMILANG LANTARAN DEKAT DENGAN MASYARAKAT
Jateng Gayeng

BKK Jateng (Perseroda) GEMILANG LANTARAN DEKAT DENGAN MASYARAKAT

DAERAH Rabu, 20 Oktober 2021 - 08:05 WIB

Pertumbuhan Properti Semarang Melambat BTN GELAR PROMO DAN BTN SOLUSI
Jateng Gayeng

Pertumbuhan Properti Semarang Melambat BTN GELAR PROMO DAN BTN SOLUSI

DAERAH Rabu, 20 Oktober 2021 - 07:58 WIB

OJK Regional 3 PERAN OJK MIRIP PENJAHIT BAJU
Jateng Gayeng

OJK Regional 3 PERAN OJK MIRIP PENJAHIT BAJU

DAERAH Rabu, 20 Oktober 2021 - 07:52 WIB