trustnews.id

Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Akhirnya Rampung
Lintas Daerah

Pelabuhan Tanjung Balai Asahan yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, sudah selesai 100 persen.

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I memastikan modernisasi penataan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, sudah selesai 100 persen. 

General Manager Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Aulia Rahman Hasibuan mengatakan, pembangunan yang berjalan sejak tahun 2017 itu  sejalan dengan Perseroan yang terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan.

“Selesainya penataan Terminal Penumpang Teluk Nibung, Tanjung Balai Asahan ini adalah wujud komitmen perseroan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia. Harapannya pasca modernisasi ini kenyamanan pengguna jasa transportasi laut akan semakin meningkat,” jelas Aulia Rahman, Selasa, (19/2).

Terminal Penumpang ini memiliki bangunan dua lantai dengan luas total 1.480,5 m2 dimana lantai satu seluas 790,82 m2 dan lantai dua dengan luas 689,68 m2. Dari dua lantai tersebut mampu menampung sekitar 800 orang.

Fungsional lantai satu digunakan untuk area check in, bea cukai, imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP, ruang karantina serta lantai dua sebagai ruangan imigrasi untuk keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan coffee shop. Dan nantinya di pelabuhan ini juga akan dilengkapi dengan Teluk Nibung Food Court yang akan menyediakan berbagai menu makanan yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Arus penumpang selama tahun 2018 sebesar 56.421 orang yang naik turun melalui Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang,” lanjut Aulia.

Saat ini Pelindo I telah mengembangkan kerjasama dengan BUMD/Pemko Tanjung Balai untuk menjadikan Pelabuhan Teluk Nibung sebagai pelabuhan ekspor impor di Kota Tanjung Balai. Untuk itu selain terminal penumpang yang modern, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan juga mengembangkan terminal kargo yang kompetitif.

Pelabuhan Tanjung Balai Asahan yang dikembangkan Pelindo I mempunyai fasilitas terdiri dari dermaga dengan panjang 204 m, gudang seluas 2000 m2, lapangan penumpukan seluas 1.625 m2.

“Pelabuhan Tanjung Balai Asahan sangat strategis karena menjadi pintu ekspor sayuran dan ikan tujuan Malaysia,” jelas Aulia Rahman. (TN)