trustnews.id

Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH sampaikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan terkait NKRI VS Khilafah
Foto: istimewa

Kamis, 24 September 2020 Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH sampaikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Kegiatan sosialisasi ini diadakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari akademisi, hingga praktisi. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan agar masyarakat mampu memahami pilar hukum dan latar belakang terkait perdebatan NKRI vs Khilafah.

Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH mengatakan bahwa pemahaman 4 pilar kebangsaan perlu dipahami bagi semua kalangan masyarakat agar mampu menciptakan perdamaian manusia di Indonesia terkait Pancasila kenegaraan dan agama.

Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH menambah kan  bahwa Pancasila tidak bisa di bandingkan dengan khilafah itu hal yang tidak aple to aple. Karena dalam Pancasila, banyak diksi tuhan didalamnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan penyampaian sosialisasi 4 pilar kebangsaan terkait NKRI vs Khilafah dan dilanjut dengan sesi diskusi. Berbagai peserta mulai mengajukan pertanyaan kepada pemateri terkait Pancasila dan Khilafah

Riza Faradhilah mahasiswa UIN Jakarta juga menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kalangan mahasiswa. Pemahaman tentang perdebatan khilafah dan Pancasila perlu dipahami bagi kalangan mahasiswa. Karena pembahasan tersebut menjadi pembahasan yang sering muncul dikalangan masyarakat, sehingga diskusi pagi ini mampu membekali akademisi atau mahasiswa dalam pemahaman terkait perdebatan NKRI dan Pancasila