trustnews.id

Penilaian Kampung Tangguh Banua di Kabupaten Banjar Mulai Berjalan
Foto: istimewa
Pemkab Banjar

Penilaian Kampung Tangguh Banua di Kabupaten Banjar Mulai Berjalan

DAERAH Sabtu, 08 Agustus 2020 - 17:53 WIB TN

Martapura, InfoPublik – Relawan Covid-19 Desa Tungkaran kedatangan Tim Penilai Kampung Tangguh tingkat Propinsi Kalimantan Selatan di Kantor Pembakal Desa Tungkaran Kecamatan Martapura Kota, Rabu (5/8/2020).

Tim Penilai Kampung Tangguh Banua ini dipimpin oleh Kombes Pontjo Sudyatmoko yang juga sebagai Tim Audit Itwasda Polda Kalsel.

Desa Tungkaran sendiri menjadi Juara 2 Kampung Tangguh Banua tingkat Kabupaten Banjar, dan telah menerapkan standar Protokol Kesehatan Covid -19, di Desa Tungkaran juga menerapkan sistem keamanan ketat bagi pengunjung dari desa lain yang memasuki Desa Tungkaran dimana langkah ini diambil sebagai bentuk pengamanan awal mendeteksi penyebaran Covid-19.

Ketua Tim Penilai Kampung Tangguh Banua tingkat Propinsi Kalsel, Kombes Pontjo Sudyatmoko berharap Desa Tungkaran dapat mewakili Kabupaten Banjar dalam lomba Kampung Tangguh Nasional.

“Ada 2 Desa di Kabupaten Banjar yang mewakili ke tingkat Propinsi Kalsel, yakni Desa Tungkaran Kecamatan Martapura Kota dan Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan, tujuan kedatangan tim sendiri untuk memastikan kesiapan dan menilai dari Kampung Tangguh, dan membantu memutus mata rantai penyebaran Covid -19,” Tambah Tjahyo.

Tim penilai Kampung Tangguh Banua tingkat Propinsi terdiri atas tim dari Polda Kalsel, Dinas Sosial Propinsi Kalsel, Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, BPBD Propinsi Kalsel, dan Dinas Kominfo Kalsel.

Yang dinilai dalam Kampung Tangguh kali ini adalah dari sektor Ketahanan Pangan, Ketahanan Sosial Budaya, Ketahanan Ekonomi, Ketahanan Keamanan dan Ketahanan Bidang Informasi. (MC Kominfo Banjar/Rzq/Ppn)