trustnews.id

Jimly Asshidiqi: Oligarki dan Dinasti Ancam Kualitas dan Integritas Demokrasi
Foto: istimewa

Anggota DPD RI, Jimly Asshidiqi, menggelar kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) di Jimly School, Gedung Sarinah lantai 9, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat (18/07/2020).

Dalam kegiatan tersebut Jimly menyinggung soal politik dinasti yang terjadi di Indonesia.

Menurut Jimly situasi yang terjadi saat ini terjadi konflik kepentingan dan percampuradukan antara bisnis dan politik   inilah yang dinamakan oligarki sehingga kata dia "Oligarki ditambah dinasti inilah ancaman kualitas dan integritas demokrasi kita dalam jangka panjang" ungkapnya.

Jimly kemudaian mengajak para mahasiswa yang hadir dalam Sosialisasi 4 Pillar itu turut ambil bagian dalam upaya melakukan  reformasi.

"Ini yang harus anda pahami, karena upaya untuk refomasi kebudayaan ada ditangan anda ini, Reformasi yang kemarin itu belum mereformasi kebudayaan baru reformasi struktural dan itupun belum selesai sampai sekarang" kata Jimly

Kebudayaan kita belum reform, bahkan kata Jimly Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) saja  tinggal korupsinya yang dibicarakan itupun kata Jimly digergaji.

"Kolusi, Korupsi dan Nepotisme, Kolusi tambah maju sekarang, Nepotismenya tambah berkembang, kembang biak pula, anti korupsinya dibicarakan itupun dikerjain terus" papar Jimly.