trustnews.id

PLN Indonesia Power Jadi Role Model Manajemen Logistik dari Pupuk Indonesia
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - PLN Indonesia Power (PLN IP) menjadi tujuan benchmark BUMN Pupuk Indonesia terkait manajemen rantai pasok. Kedua BUMN tersebut saling sharing knowledge tentang tata kelola supply chain yang ekselen.

Direktur Utama PLN Indonesia Power mengungkapkan, sebagai subholding BUMN PLN yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik, PLN Indonesia Power senantiasa menjalankan proses bisnisnya dengan ekselen. Salah satunya implementasi Logistic Concept Management di seluruh lingkungan kerja PLN IP.

"PLN IP senantiasa menekankan cost optimation dari sisi perencanaan dan memastikan pembelanjaan berjalan efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan serta memastikan sesuai dengan peraturan pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Vice President Vendor Management Pupuk Indonesia Nugroho Noviyanto mengakui bahwa sistem yang telah diterapkan di PLN IP patut dicontoh BUMN lain dalam hal ini terkait tata kelola supply chain.

"Banyak sekali informasi yang dapat kami petik dan berharap dari diskusi kali ini kedua kerjasama kedua perusahaan dapat ditingkatkan," ujarnya.

Dalam menjalankan manajemen logistik PLN IP juga telah dibekali sertifikasi seperti ITC, APICS, ICC BNSP. Perusahaan juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Bea Cukai dalam berkordinasi dan kelancaran import.