trustnews.id

PLN UID Sumut Gencarkan PLN Mobile
Dok, Istimewa

PLN UID Sumut Gencarkan PLN Mobile

NASIONAL Rabu, 03 April 2024 - 01:56 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. – PLN UID Sumatera Utara berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen di Sumatera Utara, salah satu upaya dalam memberikan pelayanan kepada konsumen yaitu melalui aplikasi PLN Mobile.

Melalui aplikasi PLN Mobile konsumen akan mendapatkan informasi biaya yang transparan, akuntabel dan dapat memonitor progress permohonan maupun keluhan secara realtime.

Saleh Siswanto, General Manager PLN UID Sumatera Utara, mengatakan, PLN Mobile juga semakin memanjakan pelanggan dengan berbagai kemudahan yang ada. Selain layanan pasang baru, tambah daya, keluhan, pengaduan, pembayaran rekening listrik, pembelian token hingga layanan listriQu dan layanan internet. Kini pengguna PLN Mobile juga dapat mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) melalui fitur electric vehicle.

Diungkapnya, jumlah pengguna aplikasi PLN Mobile di wilayahnya mencapai sekitar 2,5 juta orang pada 2023. Atau, sekitar 60 persen dari total pelanggan PLN di Sumut yang di kisaran 4,4 juta orang. "PLN Mobile menawarkan solusi dan experience baru yang terintegrasi bagi seluruh pelanggan PLN. Layanan ini memberikan one stop solution kepada pelanggan berkaitan dengan pelayanan selama 24 jam," ujar Saleh Siswanto kepada TrustNews.

Adapun pelanggan yang belum memakai PLN Mobile, menurutnya, biasanya berdomisili jauh dari pusat kota termasuk di desa-desa. Pelanggan tersebut, dia melanjutkan, masih mengandalkan keberadaan kantor PLN terdekat untuk menuntaskan hal-hal yang berkaitan dengan layanan kelistrikan. "Mereka biasanya langsung ke kantor PLN karena memang di sana selalu tersedia posko layanan," ungkapnya.

Untuk itu, PLN UID Sumut terus berupaya menyosialisasikan PLN Mobile dengan semua keunggulannya kepada pelanggan. Termasuk pelanggan yang datang ke kantor PLN di wilayah Sumut selalu diberikan informasi dan diajak mengunduh lalu mengaktifkan PLN Mobile di gawainya.

Saleh Siswanto, General Manager PLN UID Sumatera Utara. Foto dok. PLN Selain itu, menurutnya, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terkait laporan pengaduan, PLN UID Sumatera Utara telah menyediakan callback center. Petugas callback center  akan memastikan setiap laporan pengaduan telah diselesaikan oleh petugas pelayanan Teknik.

"PLN UID Sumatera Utara telah menginstruksikan kepada seluruh Manajer unit untuk selalu memonitor setiap laporan keluhan maupun pengaduan yang masuk segera diselesaikan," tegasnya. Saleh memaparkan, penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) juga menjadi prioritas utama PLN UID Sumatera Utara.

Hal ini dianggap penting karena kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya listrik. Untuk itu, PLN terus mengkampanyekan budaya safety dengan aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat baik dilakukan secara door to door, sosialisasi ke sekolah dan berkolaborasi dengan stakeholders setempat.

"PLN UID Sumatera Utara melalui Team Leader Kesehatan, Keselamatan Kerja (K3) di masing-masing unit baik di Tingkat Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) untuk terus melakukan sosialisasi bahaya listrik kepada pelanggan sekaligus melakukan inspeksi rutin untuk memastikan komponen jaringan listrik dalam kondisi aman," paparnya.

Saleh juga mengatakan, sepanjang tahun 2023 sederetan prestasi berhasil dilakukan oleh PLN Sumut. Salah satunya dengan menyukseskan 2 event kejuaraan internasional yaitu F1 Powerboat yang dilaksanakan pada bulan Februari dan kejuaraan jetski internasional pada bulan November 2023. PLN UID Sumut juga mampu memenuhi beban puncak sebesar 1.733 megawatt (MW) saat pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah ini. `

"Daya mampu pasok (DMP) PLN UID Sumut adalah 2.458 MW. Sementara di Nias, yang menggunakan sistem "isolated" atau terisolasi, beban puncaknya 37 MW dengan DMP sebesar 68 MW," pungkasnya.