trustnews.id

Politeknik Energi dan Mineral (Pem) Akamigas Cepu Dukung Transisi Energi Melalui Pendidikan

TRUSTNEWS.ID,. - Dukungan tersebut melalui pembangunan SDM milenial sub sektor minyak dan gas bumi dengan sistem pendidikan vokasi diploma 4 boarding full day school, yang dibekali kompetensi keahlian, bahasa Inggris, dan literasi komputer sesuai program studi dan pembangunan karakter kebangsaan agar mandiri dan berdaya saing tinggi secara global.

“Kami akan terus meningkatkan inovasi untuk bisa menjadi smart campus dan unggul secara global dalam mencetak SDM berkualitas siap kerja pada subsektor Migas melalui pembekalan kompetensi seperti keahlian, bahasa inggris, kompetensi K3  Migas dan literasi komputer. Harapannya, dengan strategi ini akan tercipta antusiasme tinggi peminatan program studi PEM Akamigas khususnya kaum milenial dan Gen Z,” terang Direktur PEM Akamigas Cepu Erdila Indriani kepada Trustnews belum lama ini.

Dalam mengembangkan beragam pendidikan, PEM Akamigas mengedepankan pembelajaran vokasi Diploma IV berbasis full day school dan pembinaan karakter mahasiswa melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, Setiap mahasiswa juga dibekali kemampuan Bahasa Inggris, kompetensi keahlian sesuai prodi masing-masing dan Sertifikat Keahlian K3 Migas, LSP PPSDM Migas serta Sertifikat Microsoft Office Specialist.

Ada juga beberapa sertifikasi yang diambil dari beragam program studi (Prodi) seperti Prodi Teknik Produksi Migas, ada Sertifikasi Operator Operasi Produksi, kemudian di Prodi Teknik Pengolahan Migas terdapat sertifikasi Operator Penguji Crude Oil. Sedangkan untuk Prodi Teknik ada juga Instrumentasi Kilang, Sertifikasi Tenaga Teknik Khusus, Teknik Instrumentasi Tingkat 1.  

Prodi Teknik Mesin Kilang ada Perawatan Peralatan Mekanik, dan yang terakhir adalah Prodi Logistik Migas disediakan Sertifikasi Loading Master. Setiap program ekstrakurikuler PEM Akamigas akan didampingi dosen pembina UKM. Selain itu, Ikatan Profesi Chapter PEM Akamigas juga sudah terbentuk, seperti IATMI dan SPE sehingga akan memberikan kemampuan kepemimpinan, berorganisasi dan sekaligus prestasi bagi mahasiswa.

“PEM Akamigas terus menjalin sinergi mutualisme dengan pihak industri, pemda serta pemangku kepentingan lainnya agar tercipta keberlangsungan dalam pembangunan Sumberdaya Manusia Indonesia sub sektor migas menuju kemandirian energi Tahun 2060,” katanya.