trustnews.id

Kementrian ESDM Selenggarakan Pelatihan Dan Sertifikasi Kompetensi Barang Dan Jasa Pemerintah Bagi ASN Kabupaten Bandung
Foto 1 : Acara Pembukaan dan pengarahan Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna (Tengah) didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Akhmad Johara, dan A. Susetyo Edi Prabowo Kapus PPSDM KEBTKE (doc. Osmaili), Foto 2 : Acara Pembukaan Pelatihan dan sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah di PPSDM Aparatur Kementerian ESDM, Kota Bandung, Senin 12 September 2023.

TRUSTNEWS.ID,. - Pelatihan dan sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam proses pengadaan barang dan jasa oleh Pemerintah, pelatihan tersebut merupakan langkah awal yang penting untuk mempersiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau organisasi dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Pelatihan dan sertifikasi diselenggarakan kerjasama Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (PPSDM Aparatur) Kementerian Energi dan Sumber Mineral dengan Pemerintah Kabupaten Bandung dan Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengembangan Sumber Daya Mineral Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan Konsetrvasi Energi (PPSDM KEBTKE), dalam pelaksanaanya PPSDM Aparatur sebagai penjamin mutu dan salah satu Lembaga pemerintah atau lembaga pendidikan yang terakreditasi A oleh LKPP, Setelah mendapatkan pelatihan, peserta dapat mengikuti proses sertifikasi. Sertifikasi adalah cara untuk mengukur pemahaman dan keterampilan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sertifikasi ini dapat diberikan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan/Barang Jasa Pemerintah (LKPP) demikian disampaikan oleh Bambang Utoro, Kepala Pusat PPSDM Aparatur pada kegiatan pembukaan pelatihan dan sertifikasi Senin, 12 September 2023 di PPSDM Aparatur, Cisitu Lama Kota Bandung.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna dalam arahannya berpesan agar ASN/peserta yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi Barang/Jasa Pemerintah ini, memanfaatkan kesempatan baik ini dengan diskusi, mengikuti dengan baik dan sungguh-sungguh bagaimana proses pengadaan barang dan jasa yang benar dan sesuai standar agar tertib administrasi dan taat aturan sehingga ke depan Pemda Kabupaten Bandung akan memperoleh hasil pengadaan barang dan jasa yang baik dengan standar mutu yang ada.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan agar dalam proses pengadaan barang/jasa dapat memanfaatkan barang/jasa lokal/setempat sebagai daerah industri dan jasa banyak produk yang telah dihasilkan dari Kapupaten Bandung dapat dimanfaatkan, agar nilai tambah dan manfaat dapat dirasakan oleh daerah Kabupaten Bandung. 

Mengakhiri sambutannya Dadang Supriatna, berharap agar ASN Pemda Kabupaten Bandung yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi dapat meningkat Profesionalismenya karena sertifikasi menunjukkan bahwa peserta atau organisasi telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Sertifikasi dapat meningkatkan kredibilitas di mata pemangku kepentingan, seperti pemerintah, vendor, dan masyarakat.

Sertifikasi dapat membantu individu atau organisasi dalam mendapatkan kontrak pengadaan dari pemerintah, karena menunjukkan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Akhmad Johara pada kesempatannya menjelaskan bahwa Pelatihan dan sertifikasi diikuti oleh 70 orang ASN/pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung yang berasal dari Organisasi Pemerintah Daerah seperti Sekretariat DPRD, Sekretariat Daerah, Inspektorat, Kantor Dinas dan Badan, Rumah Sakit Daerah, serta Kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung.

Pelatihan dan sertifikasi dilaksanakan secara Blended Learning, kegiatan tatap muka dan ujian sertifikasi dilaksanakan di Kantor PPSDM Aparatur di Cisitu Lama, Kota Bandung. Pada acara Pembukaan Dihadiri oleh Pejabat terkait di Lingkungan Pemda Kabupaten Bandung, Pejabat Administrator, Koordinator dan Sub Koordinator di lingkungan PPSDM Aparatur dan PPSDM KEBTKE. (osm)