trustnews.id

Kanwil BRI Makassar Jaga Pertumbuhan
Dok, Istimewa

Kanwil BRI Makassar Jaga Pertumbuhan

NASIONAL Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:16 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Makassar optimis meningkatkan kinerja di Tahun 2023. Ini melihat torehan gemilang di sepanjang 2022 dengan pertumbuhan kredit sebesar 8,9 persen dengan kualitas yang terjaga. Keberhasilan tersebut berimbas pada kenaikan Laba BRI Kanwil Makassar sebesar 14,9 persen secara tahunan (year on-year/yoy).

Hendra Winata, Regional CEO BRI Kanwil Makassar, mengatakan, peluang bisnis perbankan cukup besar di Tahun 2023 seiring dengan pencabutan status pandemi menjadi endemi oleh pemerintah. Kondisi ini mempercepat pertumbuhan penyaluran kredit perbankan utamanya didukung dari segmen UMKM khususnya Mikro dan Ultra Mikro.

“BRI Kanwil Makassar sepanjang 2022 secara year on year (YoY) berhasil menumbuhkan Pinjaman dan simpanan secara year on year, dengan kualitas kredit yang relatif terjaga. Keberhasilan tersebut berimbas pada kenaikan Laba BRI Kanwil Makassar sebesar 14,9 persen (yoy) di Tahun 2022,” papar Hendra Winata kepada TrustNews.

Dari sisi simpanan, menurutnya, BRI Makassar akan fokus menaikkan volume dan komposisi current account savings account (CASA) sehingga dapat menekan cost of fund untuk memurahkan biaya kredit serta tetap konsisten melakukan perbaikan portfolio kualitas kredit NPL agar tetap terjaga seperti tahun 2022.

“Target BRI Kanwil Makassar kedepannya sejalan dengan Visi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menjadi “Champion of Financial Inclusion” pada 2025. Sehingga telah dilakukan langkah-langkah strategis dengan secara kontinyu melakukan perbaikan di segala aspek terutama memberikan layanan keuangan yang menjangkau masyarakat luas hingga ke pelosok salah satunya dengan Holding Ultra Mikro antara BRI, PNM dan Pegadaian,” urainya.

“BRI sendiri tetap berkomitmen akan tetap aktif melakukan ekspansi bisnis yang selektif dan prudent, khusus penyaluran kredit BRI Kanwil Makassar optimis tumbuh double digit di 2023 melihat tren pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik,” tambahnya.

Hendra menegaskan, BRI berkomitmen memberikan layanan yang menjangkau hingga ke pelosok negeri, khusus di wilayah Kota Makassar. Ini dikarenakan, BRI memiliki jaringan kerja tersebar sebanyak lebih dari 50 Kantor, dan lebih dari 3.000 Agen Brilink untuk memudahkan jangkauan akses keuangan masyarakat di wilayah kota Makassar.

“Sebagai dukungan BRI kepada pemerintah setempat, BRI tetap berkomitmen mendukung program pemerintah dengan memberikan stimulus subsidi bunga kepada pelaku UMKM melalui penyaluran KUR sebagai upaya mendorong roda perekonomian grass root serta untuk mendukung penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ujarnya.

Melalui holding Ultra Mikro, lanjutnya, sinergi BRI-PNM-Pegadaian dengan menyediakan layanan kantor satu atap yang memudahkan nasabah dari ketiga perusahaan untuk dapat melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing di satu Unit Kerja yang dikenal dengan Uker SENYUM.

“Adapun melalui Agen BRILink Mitra UMi BRI juga berkomitmen memberikan akses permodalan bagi pelaku usaha Umi (Ultra Mikro),” ucapnya.

“Dari sisi sosial, BRI secara konsisten mendukung Program Pemerintah dalam menyalurkan Bansos dan secara kontinyu aktif memberikan pelatihan-pelatihan

“Khusus penyaluran kredit BRI Kanwil Makassar optimis tumbuh double digit di 2023 melihat tren pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik. Kewirausahaan bagi Pelaku Usaha melalui Rumah BUMN serta melibatkan UMKM binaan BRI dalam setiap kegiatan yang dilakukan seperti expo, gathering, bazar dan lainnya,” paparnya.

Sebagai informasi, Kanwil BRI Makassar meliputi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Maluku dengan total lebih dari 450 Unit Kerja, dan E-Channel yang tersebar di wilayah kerja BRI. Tentunya memudahkan layanan akses keuangan masyarakat luas, semuanya dibawah koordinasi Kantor Wilayah Makassar.

“BRI juga menyiapkan kompetensi SDM yang handal melalui pelatihan dan pendidikan secara kontinyu agar tanggap dalam merespon segala keluhan, permasalahan dan mampu memberikan solusi (advisor) bagi kebutuhan nasabah terhadap akses keuangan perbankan,” pungkasnya.