trustnews.id

B'Pung Petani Bank NTT Pelopor Penggerak Ekonomi Rakyat
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID - Komitmen Bank NTT mendukung Pemerintah Daerah Provinsi NTT dalam mengentaskan kemiskinan.Mengusung tagline "Pelopor Penggerak Ekonomi Rakyat", kian menegaskan komitmen Bank NTT mendukung Pemerintah Daerah Provinsi NTT dalam mengentaskan kemiskinan. Dengan mendesain pembinaan di masyarakat desa berupa peningkatan literasi keuangan, pelatihan dan pendampingan masyarakat desa yang ada di NTT.

"Bank NTT memandang perlu untuk mengambil bagian dalam menetapkan dua langkah komitmen besar. Pertama, Turut berperan dalam menjalankan misi Bank NTT untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Provinsi NTT melalui pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah berbasis potensi lokal dan berorientasi bisnis," ujar Paulus Steven Messakh, Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT kepada Trustnews.

"Kedua, percepatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pembiayaan infrastruktur dan industrialisasi komoditi unggulan di Provinsi NTT khususnya pada sektor ekonomi pertanian," tambahnya.

Langkah tersebut diambil perusahaan, menurutnya, melihat kondisi krisis yang terjadi di Provinsi NTT, baik itu dari sisi Pandemi COVID-19 yang telah berangsur kembali pulih. Dan, kondisi bencana alam Badai Seroja yang terjadi pada Tahun 2021 serta pengendalian inflasi mengatasi krisis ekonomi dan krisis pangan yang diprediksi terjadi di Tahun 2023.

"Ketiga kondisi tersebut sangat berpengaruh dalam peningkatan pendapatan ribuan petani atau wirausahawan mandiri maupun pihak UMKM yang terdampak," ungkapnya

Melihat situasi ini Bank NTT mengambil beberapa langkah berupa penetrasi pasar, pemberdayaan masyarakat, pendampingan dan penyuluhan optimalisasi kredit mikro, guna memulihkan kondisi kehidupan para petani atau wirausaha mandiri.

Kebijakan Bank NTT dalam jangka pendek adalah mendukung stimulus ekonomi melalui salah satu produk kredit mikro yang diberi nama KREDIT MIKRO MERDEKA," ujarnya.