trustnews.id

Wajah Baru Isi DPRD Kota Tangerang
Ilustrasi

Wajah Baru Isi DPRD Kota Tangerang

DAERAH Senin, 20 Mei 2019 - 05:49 WIB TN

Partai Hanura tidak mendapat jatah kursi di legislatif Kota Tangerang.

Hasil mengejutkan terjadi usai KPU Kota Tangerang mengumumkan hasil perolehan partai politik peserta Pemilu 2019. Sejumlah nama petahana akan berganti dengan wajah-wajah baru.
Bahkan, Partai Hanura sama sekali tidak mendapat jatah kursi di legislatif Kota Tangerang. Padahal, Hanura pada Pileg 2014 silam meloloskan tiga legislator. Sementara PDIP masih bertahan di posisi teratas dengan memperoleh sebanyak 10 kursi, meskipun di antaranya terdapat politikus pemula.
Adapun Gerindra mampu menambah jumlah kursi. Jika lima tahun lalu meloloskan enam legislator, kali ini ada delapan nama caleg yang bakal diantarkan ke gedung perwakilan rakyat. Pileg 2019 juga menjadi sejarah bagi PSI. Pasalnya, partai baru ini memperoleh jatah satu kursi.
50 kursi anggota DPRD Kota Tangerang periode 2014-2019 diduduki politikus dari PDIP 10, Gerindra 6, Golkar 6, PPP 5, PKB 5, Demokrat 5, PAN 4, PKS 4, Hanura 3, dan Nasdem 2. Sementara pada periode 2019-2024 akan diisi politikus dari PDIP 10, Gerindra 8, Golkar 6, PKS 6, Demokrat 5, PKB 5, PAN 3, Nasdem 3, PPP 3, dan PSI 1.
Sejauh ini, petahana yang diprediksi tidak lagi menduduki kursi legislator untuk lima tahun ke depan di antaranya Yati Rohayati (PPP), Tati Rahmawati, Eddy Ham (Demokrat), Kartini, Hapipi (Golkar), M. Sjaifudin Z. Hamadin, Sahabudin H. Tamami (PAN), M. Johan Saragih, Hanny Arman Matulessy (PDIP), Sainah, Wawan Anwar, dan Haris Supratman (Hanura).(TN)