trustnews.id

BPSDM Kementerian ESDM Apresiasi Pegawai yang Berprestasi untuk Tingkatkan Motivasi Kerja
Salah satu karyawan/pegawai di lingkungan Pusat Pengembangan SDM Aparatur Kementerian ESDM yang memperoleh penghargaan

Bandung, (12/04) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), pada, hari Jumat tanggal 12 April 2019, selenggarakan acara pemberian apresisai kepada pegawai/karyawan di lingkungan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian ESDM, di Jalan Cisitu Lama, Bandung, Jawa Barat, Acara yang dibuka oleh Kepala BPSDM ESDM, IGN Wiratmaja Puja, Ajang pemberian apresiasi kepada pegawai/karyawan di Lingkungan BPSDM ESDM Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya, kegiatan pemberian apresiasi ini atau Appreciation Day adalah acara yang diselenggarakan, untuk memberikan penghargaan kepada para pegawai/karyawan PNS maupun non PNS dengan kriteria yang sudah ditetapkan, atas kerja keras dan usaha mereka sepanjang tahun dan kegiatan tersebut juga untuk memperkuat ikatan antara pimpinan dan karyawan serta sesama pegawai.

Dengan memberi apresiasi atau reward  bagi pegawai mampu mendekatkan hubungan dengan atasan, dan merupakan rasa kepercayaan yang tinggi dari atasannya kepada bawahan. Hal tersebut penting karena rasa nyaman dan percaya antara atasan dan pegawai mampu membuat situasi organisasi lebih kondusif.

Diharapkan pegawai/karyawan yang mendapatkan apresiasi atau reward dari pimpinan akan cenderung lebih meningkatkan kinerja dan prestasi, karena dengan perasaan senang karyawan akan memiliki semangat tinggi untuk berkompetisi dan mencapai target yang telah ditentukan. Hal ini tentu sangat positif bagi instansi sebab goals atau tujuan dari instansi akan lebih cepat tercapai. Apresiasi juga diharapkan dapat menghasilkan tingkat retensi PPSDM Aparatur KESDM yang lebih tinggi, tidak hanya meningkatkan produktivitas pegawai/karyawan namun juga institusi secara keseluruhan.

Apresiasi atau reward tidak harus memberikan bonus berupa uang atau barang, apresiasi juga dapat berupa kesempatan dan kepercayaan  serta pujian. Dengan memberikan apresiasi atau reward, dijamin karyawan akan meningkatkan motivasi kerja,  produktivitas meningkat, dan membuat instansi semakin maju.

Pada acara tersebut diberikan apresiasi bagi PNS:  Pejabat Terfavorit, (WI terfavorit, Pejabat Termodis, Pegawai Terfavorit, Pegawai yang Tidak Pernah Alpha Sepanjang Tahun 2018, Pegawai Inovatif, Kreatif dan Energik, Pegawai Termodis, Pegawai Terkece, Pegawai Termahal Senyum, Pegawai Tersosialita, Pegawai yang Layak Promosi, sedangkan Apresiasi bagi Non PNS: Cleaning Service Terbaik, Satpam Terbaik, Pramukantor Terbaik, Pramuwisma Terbaik,dan  Pengemudi Terbaik.

Keterlibatan semua pegawai dalam mengisi acara dan hiburan pada kegiatan hari ini, membuat acara menjadi meriah, tampilnya musik anak jalanan dari stasiun KA Bandung juga mewarnai hiburan yang disampaikan.