trustnews.id

Kanwil IV Bank Tabungan Negara (BTN) Sumatera - Batam SUPPORT PENGEMBANGAN BISNIS PERUMAHAN DI KAWASAN SUMATERA - BATAM
Kepala Kanwil IV Bank BTN Sumatera - Batam, Muhammad Amin Sholeh

Pandemi Covid-19 telah memporak-porandakan pilar kehidupan masyarakat Indonesia. Setelah berdampak sangat besar pada kesehatan, aspek kedua yang menjadi dampaknya adalah aspek ekonomi.

Salah satu sektor yang sangat terdampak hingga mengalami penurunan signifikan ialah sektor industri pembangunan perumahan dan properti, padahal rumah sangat dibutuhkan terlebih di masa pandemi karena berperan sebagai benteng pertahanan utama untuk berlindung dan terhindar dari paparan virus Covid-19.

Selain tempat berlindung, untuk saat ini rumah berpotensi sebagai tempat mencari nafkah setelah banyaknya lapangan usaha yang terganggu dan banyak orang yang kehilangan pekerjaan khususnya keluarga yang berpenghasilan rendah.

Menyadari itu, upaya Pemerintah untuk mewujudkan hunian yang layak bagi masyarakat Indonesia terus digalakkan dengan mencetuskan program Bantuan Stimulus Perumahan Berbasis Masyarakat atau BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya).

Pemerintah berkontribusi membantu masyarakat memperoleh akses terhadap hunian yang layak. Tahun 2024 diharapkan akses hunian layak di Indonesia dapat terpenuhi sebesar 70% atau sekitar 17 juta hunian di seluruh Indonesia.

Kanwil IV Bank Tabungan Negara (BTN) Sumatera - Batam optimis target yang ditetapkan pemerintah bakal tercapai. Untuk itu, berbagai upaya tengah dilakukan oleh perusahaan perbankan yang hadir di kawasan Sumatera-Batam sejak tahun 2015 tersebut. Di antaranya menjalin dan memperkuat sinergi dengan asosiasi pengembang perumahan.

Melalui sinergi ini diharapkan akan membantu pengembang dalam menyediakan hunian berkualitas yang menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Kanwil IV Bank BTN Sumatera - Batam berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi dan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam segenap sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar manfaat dari setiap gerak langkah perusahaan dapat dirasakan seluas-luasnya oleh semua pihak.

Di sisi lain, melalui kesepakatan-kesepakatan strategis yang terbungkus dalam kegiatan sinergi tadi merupakan langkah terbaik dalam percepatan bisnis kredit Kanwil IV Bank BTN Sumatera - Batam, khususnya dalam menyambut panorama kebangkitan ekonomi nasional di awal tahun 2021.

“Selain itu langkah yang tidak kalah penting kami lakukan adalah dengan mempersembahkan kebijakan pemberian KPR sesuai dengan kewenangan Kantor Wilayah, seperti kondisi minimum bangunan dan rating pengembang,” tandas Kepala Kanwil IV Bank BTN Sumatera - Batam Muhammad Amin Sholeh melalui keterangan tertulisnya kepada Trustnews.

Kanwil IV BTN Sumatera - Batam selaku bank yang bergerak khusus di sektor pembiayaan perumahan selalu berpegang teguh untuk memberikan dukungan pengembangan bisnis di kawasan Sumatera - Batam, khususnya dalam hal penga-daan rumah.

Komitmen itu bukan isapan jempol belaka. Sebelumya, Kanwil IV BTN Sumatera - Batam bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pernah bekerjasama untuk pembiayaan kredit 1.000 unit rumah subsidi yang dikhususkan untuk pegawai negeri sipil dan TNI.

“Meskipun begitu kami akan terus memperluas jaringan, baik dengan pembukaan outlet baru maupun melalui kerjasama dengan pihak eksternal,” tambah Amin Sholeh meyakinkan.

Untuk menunjang perluasan jaringan tersebut Muhammad Amin Sholeh terus mempersiapkan manpower yang berkualitas dengan meningkatkan kompetensinya. Dirinya menyadari bahwa sumber daya manusia merupakan aset paling berharga bagi perusahaan. Untuk itu, berbagai pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas atau skill karyawan terus digelar. Bahkan pihaknya juga tidak segan-segan memberikan reward dan punishment agar seluruh karyawan Kanwil IV Bank BTN Sumatera - Batam mampu memberikan performance terbaik mereka, terutama dalam meberikan pelayanan kepada para nasabah. (TN)