trustnews.id

PERINUS MEMBANGUN COLD STORAGE SEBESAR 1.300 TON DI MUARA BARU DALAM RANGKA MENJAGA MUTU IKAN UNTUK KETAHANAN PANGAN
Foto: istimewa

Pada hari Jumat, tanggal 23 April 2021 Farida Mokodompit selaku Direktur Utama PT Perikanan Nusantara (Persero) didampingi oleh Primawan Badri selaku Direktur Operasional dan Pemasaran melakukan kunjungan kerja ke Muara Baru. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk memantau kesiapan pembangunan Gudang Integrated Cold Storage (ICS) Muara Baru berkapasitas 1.300 ton. Pembangunan ICS Muara Baru ini dalam rangka meningkatkan revenue untuk mencapai target perusahaan dengan memanfaatkan aset non produktif melalui investasi dimana rencana pembangunan berada di kawasan niaga perikanan Jl. Muara Baru Ujung – Penjaringan, Jakarta Utara dan dekat dengan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman.
ICS ini akan dilengkapi Fasilitas ruang Unit Pengolahan Ikan (UPI) dan dua ruang Air Blast Freezer (ABF) masing-masing kapasitas 3 ton. Dengan sistem modern warehouse untuk mendukung proses produksi yang terdiri dari: penerimaan dan pengolahan ikan, ABF Room dengan temperature mencapai -40 ̊ C, Cold Storage dengan temperature mencapai -20 ̊ C, Antheroom dengan temperature antara 0 ̊ - 12 ̊ C, dan ruang kantor serta ruang produksi yang dapat memproses fillet ikan demeral (Ikan-ikan dasar laut maupun danau), turunan produk Tuna Loin dan produk-produk perikanan lainnya. Gedung ICS ini rencananya terdiri dari 2 lantai, lantai 1 untuk UPI, CS dan ABF. Sedangkan lantai 2 diperuntukan untuk perkantoran juga ruang pertemuan.
Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, kedaulatan pangan serta untuk menjaga mutu ikan, Farida Mokodompit selaku Direktur Utama PT. Perinus menjelaskan bahwa pembangunan ICS di Muara Baru Jakarta dengan kapasitas 1.300 ton, pembangunan ini akan dilaksanakan oleh PT Citra Prasasti Konsorindo (CPK) yang ditargetkan selesai dan dapat beroperasi pada bulan September 2021.