trustnews.id

Kerja Inovatif Virama Karya
Direktur Utama PT Virama Karya (Persero), Jusarwanto

Kerja Inovatif Virama Karya

BISNIS Senin, 14 Juni 2021 - 12:33 WIB TN

Fokus pada kualitas dan Penerapan K3L (Kesehatan, Keselamatan Kerja & Lingkungan) sehingga didapat hasil pekerjaan dengan Tepat Biaya, Mutu, & Waktu (BMW) dalam setiap pekerjaan.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa konsultansi teknik dan manajemen, Virama Karya

memahami bahwa 'kepuasan pelanggan' sebagai kata kunci dalam menjalankan operasional bisnis perusahaan.

Jusarwanto mengungkapkan, Virama Karya sebagai perusahaan konsultan konstruksi telah mencanangkan, untuk memberikan layanan dan juga produk yang terbaik sesuai dengan harapan dari klien (pemberi tugas/red).

"Tanpa adanya kepuasan Pemberi Tugas, kita akan sulit untuk memperoleh proyek- proyek kedepannya. Alhamdulillah, kita bisa wujudkan bahwa Virama Karya selalu memberikan layanan yang sesuai dengan harapan pemberi tugas," urainya.

"Selain itu juga ditekankan bahwa kita bekerja berdasarkan kontrak, dan selalu berupaya meningkatkan kualitas untuk memastikan bahwa apa yang kita lakukan bisa melebihi ekspektasi Pemberi Tugas," tambahnya.

Baginya, perusahaan yang berawal dari sebuah Perusahaan Bangunan milik Swasta Belanda yang bernama N.V. Architecten Ingenieurs Bureau Fermont Cuypers ini menjadikan kepercayaan (trust) sebagai kuncinya. Kepercayaan ini bisa diraih dengan membuktikan bahwa produk-produk layanan yang kita tawarkan jauh lebih baik dari perusahaan sejenis.

"Kita fokus pada kualitas dan Penerapan K3L (Kesehatan, Keselamatan Kerja & Lingkungan) sehingga didapat hasil pekerjaan dengan Tepat Biaya, Mutu, & Waktu (BMW) dalam setiap pekerjaan," tegasnya.

Dengan berpegang teguh terhadap komitmen itulah, lanjutnya, Virama Karya berhasil meraih sejumlah penghargaan. Sebut saja Indonesia Construction Safety Awards (ICSA) 2020 untuk kategori CEO Safety Ledership Award - Consultant State Owned Company.

Terkait pelaksanaan K3, Virama Karya juga memperoleh award dari Kemente- rian Tenaga Kerja, Virama Karya menerima award terkait K3 dari Asosiasi Ahli Keselamatan Konstruksi (A2K4) bersama Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR." ujarnya.

Selain itu, Virama Karya juga meraih penghargaan pada “ANUGERAH BUMN 2021 TAHUN KE-10” dengan tema “Strategi & Transformsi di masa Pandemi Covid-19”, di bulan April lalu serta Virama Karya juga telah berhasil memperoleh penghargaan dalam ajang BUMN Award.

Pada ajang Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021 Virama Karya juga memperoleh penghargaan untuk 2 kategori, yakni The Best It Planning & Project Portfolio, dan The Best Chief Technology Information Officer.

Hal tersebut membuktikan bahwa Virama Karya selalu berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada Pemberi Tugas, dan ini adalah merupakan satu keinginan Perusahaan untuk terus meningkatkan terhadap layanan serta pelaksanaan K3 dengan baik.

Menurut Jusarwanto, capaian tersebut tidak lepas dari komitmen yang dilakukan oleh Virama Karya melalui berbagai terobosan dan inovasi teknologi digital dalam pengembangan infrastruktur di era 4.0, serta peningkatan kapasitas SDM di Perusahaan.

"Digital sudah kita terapkan untuk mendukung services, dengan memperkuat, mempercepat dan mengefisienkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Virama Karya,” jelasnya.

Melalui proses tahapan serta persyaratan yang telah dipenuhi sesuai ketentuan yang berlaku, Virama Karya telah memiliki beberapa sertifikat Sistem Manajemen yang diterbitkan oleh Lembaga AsesorTUV Nord Indonesia, yakni ISO 9001:2015, 14001:2015,45001:2018, serta SMK 3 dan menerapkan Sistem Manajemen tersebut secara konsisten.

Selain itu, Virama Karya juga telah berhasil mendapatkan Sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang diterbitkan oleh Lembaga Asesor TUV Nord Indonesia pada tanggal 8 Desember 2020, dimana Sertiikat SMAP dimaksud menjadi kewajiban bagi seluruh BUMN dalam mengelola bisnis secara bersih bebas dari korupsi sesuai amanah pemegang saham.

Selain itu "Sebagaimana Visi Perusahaan menjadi Konsultan Nasional terdepan terbesar, dan terkemuka yang bertaraf Internasional, Virama Karya berkomitmen akan selalu berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia, untuk kemajuan Bangsa," pungkasnya. (TN)